MODEL PEMBENTUKAN AKHLAK DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (STUDI KASUS DI SMP MA'ARIF NU 2 KEMRANJEN BANYUMAS)

Hendro, Laksono (2021) MODEL PEMBENTUKAN AKHLAK DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (STUDI KASUS DI SMP MA'ARIF NU 2 KEMRANJEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hendro Laksono_Model Pembentukan Akhlak di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus di SMP Ma'arif NU 2 Kemranjen Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhlak dalam islam memiliki nilai baik dan buruk yang berlkau dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak yang baik akan tercipta melalui proses pembentukan atau pendidikan. Pembentukan akhlak bertujuan untuk menghasilkan manusia yang berahlak mulia SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen merupakan salah satu sekolah berbasis pesantren yang mengutamakan akhlak mulia terhadap siswanya. Hal ini sesuai dengan visi sekolah yaitu Beriman, berilmu, terampil, dan Berakhlaqul Karimah. Meskipun demikian, masih terdapat akhlak siswa yang harus diperbaiki. Hal tersebut dipengaruhi karena semakin beragamnya latar belakang siswa seiring dengan meningkatnya minat di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja model pembentukan akhlak sisiwa yang diterapkan. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai sumbangan keilmuan bagi SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen, khususnya dalam membentuk siswa agar mempunyai akhlak mulia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru PAI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembentukan akhlak yang diterapkan di sekolah berbasis pesantren adalah: model pemahaman/ta’lim, model pembiasaan/ta’wid, model nasihat/mauidzoh, model keteladanan/uswah, model pemberian hadiah/targhib, model pemberian hukuman/tarhib. Peneliti menemukan model baru yaitu Integral Model of Glorious Character Building in Boarding School yang di dalamnya terdapat model tambahan yang diterapkan, yaitu model pendampingan, model pengawasan, dan model penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembentukan Akhlak, Siswa, Sekolah Berbasis Pesantren.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Hendro Laksono
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:21
Last Modified: 04 Feb 2021 04:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9222

Actions (login required)

View Item View Item