PEMBELAJARAN PAI MELALUI ORGANISASI SANTRI MAHASISWA (OSMA) AN NAJAH KREATIF PADA SISWA KELAS AWAL TPQ AL-FALAH DESA PROMPONG KEC. BATURRADEN

Ainun, Ikhwani (2021) PEMBELAJARAN PAI MELALUI ORGANISASI SANTRI MAHASISWA (OSMA) AN NAJAH KREATIF PADA SISWA KELAS AWAL TPQ AL-FALAH DESA PROMPONG KEC. BATURRADEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AINUN IKHWANI_PEMBELAJARAN PAI MELALUI ORGANISASI SANTRI MAHASISWA (OSMA) AN NAJAH KREATIF PADA SISWA KELAS AWAL TPQ AL-FALAH DESA PROMPONG KEC. BATURRADEN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran diartikan sebagai suatu proses transfer ilmu pengetahuan antara dua orang atau lebih yang didalamnya terdapat proses komunikasi baik komunikasi satu arah, komunikasi dua arah maupun komunikasi banyak arah. Dari adanya transfer ilmu pengetahuan tersebut, pembelajaran membawa perubahan tingkah laku pada manusia, yang awalnya mereka tidak tahu menjadi tahu, maupun perubahan bagi mereka yang sudah tahu menjadi lebih luas ilmu pengetahuannya. Imu pengetahuan yang diajarkan berbagai macam, meliputi ilmu pengetahuan alam, sosial, ekonomi, budaya dan keagamaan. Ilmu keagamaan atau Pendidikan Agama Islam merupakah suatu ilmu yang mengajarkan pada manusia tentang bagaimana manusia memiliki nilai, moral yang sesuai dengan agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat dekskripsi kualitatif, dimana penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, aktivitas sosial, peristiwa, sikap, kepercayaan, persepsi maupun pemikiran orang dari segi individual maupun kelompok. Lokasi yang diteliti dalam skripsi ini yakni TPQ Al-Falah yang berada di Desa Prompong Kecamatan Baturraden, dengan subjek penelitian meliputi pengasuh pesantren mahasiswa An Najah, kepala TPQ Al-Falah, wali kelas 1A TPQ Al-Falah, tutor An Najah Kreatif dan peserta didik atau siswa kelas awal. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivication. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran PAI di TPQ Al-Falah dilakukan oleh para tutor An Najah Kreatif. Materi pembelajaran meliputi fikih ibadah, akidah akhlak, Al-Qur’an dan hadist, sejarah kebudayaan islam dan kesenian. Durasi pembelajaranya selama 15-30 menit pada setiap pertemuan. Para tutor An Najah Kreatif mengajar pada siswa kelas 1A yang terdiri dari siswa iqra’ 1-3. Pembelajaran yang diajarkan oleh para tutor menggunakan metode, media, dan pendekatan yang bervariasi serta pembelajarannya pun dikaitkan dengan divisi yang ada di An Najah Kreatif yang meliputi, divisi gerak, bahasa, logika, warna dan musik. Adapun penggunaan metodenya meliputi metode demostrasi, diskusi, karya wisata, dan ceramah. Hasil pembelajaran berupa proses perubahan tingkah laku, pada salah satu materi pembelajaran siswa yang awalnya tidak hafal dengan silsilah keluarga Rosul setelah pembelajaran menjadi hafal karena pembelajaran mengaitkan dengan divisi musik yakni menghafal lagu kisah sang rosul dan dijelaskan menggunakan metode ceramah oleh tutor. Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, An Najah Kreatif, TPQ Al-Falah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, An Najah Kreatif, TPQ Al-Falah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Ainun Ikhwani
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:08
Last Modified: 04 Feb 2021 04:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9218

Actions (login required)

View Item View Item