NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM FILM NUSSA

SITI, NURNAHAYATUN (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM FILM NUSSA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI NURNAHAYATUN_NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM FILM NUSSA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan masalah benar-salah, tetapi bagaimana menanamkan kebiasaan (habit) tentang hal-hal yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Selain melalui pendidikan formal, pendidikan karakter juga bisa didapatkan melalui media lain seperti film. Film mempunyai potensi sebagai penyampai pesan pendidikan yang baik. Salah satunya adalah sebagai penyampai pesan pendidikan karakter. Apa yang terpandang oleh mata dan terdengar oleh telinga, lebih cepat dan lebih mudah diingat daripada apa yang hanya dapat dibaca saja atau hanya didengar saja. Film Nussa tidak hanya lucu dan menggemaskan, tetapi juga dapat digunakan sebagai media transformasi nilai pendidikan karakter khususnya untuk anak usia dini. Dalam penelitian ini penulis ingin mendeskripsikan secara mendalam tentang nilai-nilai pendidikan karakter untuk anak usia dini dalam film Nussa episode 7, 9, dan 10 yang berjudul “Sudah Adzan, Jangan Berisik!!!”, “Belajar Ikhlas”, dan “Siapa Kita?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu video film Nussa episode 7, 9, dan 10 yang berjudul “Sudah Adzan, Jangan Berisik!!!”, “Belajar Ikhlas”, dan “Siapa Kita?”, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku pustaka, jurnal ilmiah, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Nussa. Dalam episode “Sudah Adzan, Jangan Berisik!!!” terdapat 7 nilai pendidikan karakter, yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat dan komunikatif. Dalam episode “Belajar Ikhlas”, terdapat 8 nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, disiplin, kerja keras, peduli sosial, dan tanggung jawab, mandiri, rasa ingin tahu, dan bersahabat dan komunikatif. Sementara dalam episode “Siapa Kita?” terdapat 3 nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, rasa ingin tahu, dan bersahabat dan komunikatif. Dalam film Nussa, strategi penyampaian nilai-nilai pendidikan karakter dilakukan melalui contoh-contoh pelajaran hidup yang tersirat dalam pesan-pesan verbal dan non verbal dalam setiap episodenya, seperti contoh penampilan para tokohnya yang islami dan santun, tata cara bertutur kata yang sopan, dan kisah-kisah teladan yang disajikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter dan Film Nussa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: SITI NURNAHAYATUN
Date Deposited: 03 Feb 2021 22:23
Last Modified: 03 Feb 2021 22:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9193

Actions (login required)

View Item View Item