UPAYA PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Romsiati, Romsiati (2020) UPAYA PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROMSIATI_UPAYA PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai sebagai sifat-sifat yang penting atau berguna bagi kemanusiaan. Nilai sebagai objek yang penting bagi manusia menyangkut segala sesuatu baik atau yang buruk sebagai abstraksi, pandangan, atau maksud dari berbagai pengalaman dengan seleksi perilaku yang ketat. Penanaman nilai-nilai agama Islam penting dilakukan sejak dini. Dikarenakan nilai-nilai agama Islam sebagai pondasi atau landasan etis, moral dan operasional. Nilai-nilai agama Islam dibagi menjadi tiga: nilai keimanan, ibadah dan nilai akhlak. Ketiga nilai agama tersebut harus ditanamkan sejak dini agar karakter anak dapat dibentuk dan agama sebagai pondasi dalam kehidupannya. Dalam proses penanaman nilai-nilai agama Islam terdapat kegiatan pembiasaan atau metode yang dilakukan pendidik sebagai bentuk usaha pendidik. Adanya Pendidikan anak usia dini sebagai salah satu bentuk usaha dalam menanamkan nilai-nilai agama khususnya nilai-nilai agama Islam. Penanaman merupakan usaha atau proses cara melakukan. Artinya dalam pendidikan anak usia dini dilakukan proses usaha untuk mengajarkan nilai-nilai agama Islam sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya pendidik dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam berupa nilai keimanan, nilai ibadah dan nilai akhlak pada anak usia dini dengan menggunakan berbagai metode dan berbagai kegiatan untuk mengetahui tingkat perkembangan agama Islam pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah pendidik dan siswa RA Perwanida Tamansari yang berusia 5-6 tahun. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, antara lain: Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun upaya yang dilakukan pendidik dalam menanamkan nilai-nilai agama dengan menggunakan berbagai metode salah satunya metode bercerita dan berbagai kegiatan pembiasaan seperti kegiatan rutinitas, terintegrasi dan kegiatan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya pendidik, menanamkan nilai-nilai agama Islam, Anak Usia Dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Romsiati Romsiati sdr
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:09
Last Modified: 04 Feb 2021 03:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9185

Actions (login required)

View Item View Item