NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MI

Retno, Sulistiowati (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RETNO SULISTIOWATI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MI-1.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rendahnya mutu pendidikan disebabkan oleh lemahnya pendidikan dalam membekali kemampuan akademis kepada peserta didik. Lebih dari itu ada hal lain yang tidak kalah penting, yaitu kurangnya pendidikan karakter secara bermakna. Jika dilihat porsi pengajaran lebih terfokus pada aspek kognitif saja, padahal ada aspek lain yang juga harus dikembangkan yakni karakter. Guru sebagai fasilitator dapat melakukan pembelajaran menggunakan media film. Film Laskar Pelangi merupakan sebuah film yang sesuai untuk kalangan anak usia SD/MI. Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Laskar Pelangi serta bagaimana relevansinya bagi anak usia MI. Dalam prakteknya, penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yang berupa film Laskar Pelangi, dan sumber data sekunder berupa buku-buku, artikel, dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat. Setelah data terkumpul selanjutnya dipilih dan dipilah kemudian diklasifikasikan untuk kemudian dilakukan analisis data. Dalam metode analisis data, peneliti menggunakan metode content analysis. Jenis analisis ini akan penulis gunakan dalam upaya menerangkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan ditemukan kesimpulan. Pertama, film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata terdapat 18 karakter versi Kemendikbud yaitu, Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Kedua, relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat atau tercermin dalam keseharian dalam film Laskar Pelangi bagus jika diterapkan langsung kepada anak usia MI. Karena, banyak pengajaran serta pelajaran yang mengedukasi dalam film tersebut. Dilihat dari perkembangannya, anak usia MI akan meniru apa yang ia amati, sehingga dengan menonton film Laskar Pelangi akan memberikan dampak positif pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Retno Sulistiowati
Date Deposited: 28 Jan 2021 02:02
Last Modified: 28 Jan 2021 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9169

Actions (login required)

View Item View Item