PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR PRATISTHA HARSA DALAM MENARIK KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Badriyah, Tussangadah (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR PRATISTHA HARSA DALAM MENARIK KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Coverr_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Badriyah Tussangadah_STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR PRATISTHA HARSA DALAM MENARIK KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran merupakan rencana menyeluruh yang dilakukan oleh pedagang pasar untuk memberikan panduan kegiatan yang akan dilakukan supaya terjapainya tujuan pemasaran. Didalam strategi pemasaran terdapat adanya bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat. Sedangkan didalam pemasaran syariah tidak mengajarkan dalam hal jual beli itu dengan cara kecurangan dan ketidak jujuran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), karena dalam penelitian ini peneliti turun langsung ke tempat penelitian, dengan objek penelitian Pasar Pratistha Harsa Purwokerto. Adapun sumber data didapatkan dari data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah terakhir dalam penelitian ini adalah analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasannya penerapan strategi pemasaran pedagang pasar pratistha harsa dalam menarik konsumen perspektif ekonomi Islam sudah sesuai dan cukup efektif dengan menerapkan strategi pemasaran 4P yaitu berupa produk, harga, promosi, dan tempat. Dari sisi strategi pemasaran syariah para pedagang memberikan harga yang relative murah dan memberikan bonus sebagai salah satu cara untuk menarik konsumen, menawarkan dan memberikan produk yang bagus, dan tempat yang nyaman. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pedagang, Konsumen, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, pedagang, konsumen, ekonomi islam
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Badriyah Tussangadah
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:14
Last Modified: 22 Jan 2021 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9151

Actions (login required)

View Item View Item