PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B2 DI RA DIPONEGORO 184 SUMBANG

Rini, Puspita (2020) PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B2 DI RA DIPONEGORO 184 SUMBANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-RINI PUSPITA-DAPUS-1617406083.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI-RINII PUSPITA-1617406083.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan sistem tanda bunyi yang disepakati untuk dipergunakan oleh para anggota kelompok masyarakat tertentu dalam bekerjasama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri. Jadi, bahasa dalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol atau bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa menjadi salah satu potensi yang perlu dikembangkan sejak usia dini.   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan bahasa anak usia dini di RA Diponegoro 184 Sumbang dengan mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas dan mendalam tentang pengembangan bahasa anak usia dini di RA Diponegoro 184 Sumbang.   Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung untuk memperoleh data dan informasi terkait pnelitian yang dilakukan peneliti. Jenis penelitian yang digunaan peneliti adalah penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan menggambarkan suatu proses yang terjadi dilapangan. Sedangkan pndekatan yang dilakukan peneliti adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa.sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah pengembangan bahasa anak usia dini. Dan metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.   Dari hasil penelitian menunjukan bahwa di RA Diponegoro 184 Sumbang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan program pengembangan bahasa anak usia dini terdapat 4 metode pengembangan bahasa anak usia dini yaitu metode bercerita, metode bercakap-cakap, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa, Anak Usia Dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Rini Puspita
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:16
Last Modified: 05 Jan 2021 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9110

Actions (login required)

View Item View Item