PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MASTERY LEARNING DI MI MA’ARIF NU TELUK PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Suminah, Suminah (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MASTERY LEARNING DI MI MA’ARIF NU TELUK PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Abstrak_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUMINAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MASTERI LEARNING DI MI MA'ARIF NU TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen disebutkan guru adalah seorang pendidik profesional yang tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan dan mengevaluasi peserta didiknya dari pendidikan anak usia dini sampai dengan jenjang menengah. Dalam praktiknya sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa salah satu tugas guru adalah sebagai pengajar atau orang yang mengajarkan ilmu pengetahuan atau keterampilan kepada anak didiknya. Agar pembelajaran yang disampaikannya sampai dengan efektif kepada anak didik, maka diperlukan adanya inovasi dalam pembelajaran salah satunya adalah dengan penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan pelajaran kepada anak didiknya. Dalam penelitian ini, penulis melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas I MI Ma’arif NU Teluk yang bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya pencapaian KKM materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan matematika di kelas I. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas I. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi, interview dan wawancara. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dijalankan oleh penulis ini adalah untuk meneliti lebih dalam mengenai usaha guru dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan strategi mastery learning. Dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan strategi mastery learning yang dilakukan dengan memberikan pendampingan kepada siswa kelas I agar mereka mampu menguasai materi secara sempurna, penulis menarik kesimpulan bahwa metode tersebut mampu membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika khususnya dalam membantu siswa membedakan konsep penjumlahan dan pengurangan dalam soal cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Matematika, Mastery, Learning, KKM, Penjumlahan dan Pengurangan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suminah Suminah sdr
Date Deposited: 28 Dec 2020 08:59
Last Modified: 28 Dec 2020 08:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item View Item