PENANAMAN CINTA AL-QUR'AN MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

Imanudin, Imanudin (2020) PENANAMAN CINTA AL-QUR'AN MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Imanudin_PENANAMAN CINTA AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini dikarenakan masih adanya anak-anak bahkan orang dewasa yang belum sepenuhnya cinta terhadap Al-Qur’an. Ini bisa dilihat dari rendahnya kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an apalagi mengamalkan isi kandungan atau perintah Al-Qur’an. Sehingga diperlukan upaya untuk menanamkan cinta terhadap Al-Qur’an, salah satunya melalui pembelajaran tahfidz Al-Qur’an. Pembelajaran tahfidz sendiri bertujuan agar lahirnya generasi-generasi Qur’ani yang mencintai Al-Qur’an, mumpuni dalam keilmuan dan matang dalam spritual. Inilah solusi yang tengah didengungkan oleh lembaga sekolah berlabel Islam kepada siswa dan orang tuanya dewasa ini dengan menawarkan program tahfidzul Qur’an agar siswa mampu memiliki kualitas utuh secara keilmuan dan spiritual, seperti yang dilakukan oleh SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto. SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang menanamkan cinta Al-Qur’an kepada anak didik melalui pembelajaran tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman cinta Al-Qur’an melalui pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto. Dimana sekolah tersebut termasuk salah satu lembaga pendidikan yang berupaya penuh untuk menciptakan peserta didik yang akan menjadi generasi Qur’ani dan berakhlak mulia melalui penanaman cinta Al-Qur’an dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualilatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa penanaman cinta Al-Qur’an melalui pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto dilakukan dengan menerapkan 3 kemampuan dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yaitu mendorong siswa untuk senang dan senantiasa rutin membaca Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, dan mempelajari isi kandungan dan seputar Al-Qur’an sebagai indikator cinta Al-Qur’an. Kemudian dalam pelaksanaannya menggunakan 3 metode yaitu metode talqin, talaqqi, dan tikrar. Kunci: Penanaman Cinta Al-Qur’an, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cinta Al-Qur'an. Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Imanudin I
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:39
Last Modified: 21 Dec 2020 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9094

Actions (login required)

View Item View Item