PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA MASYITHOH 10 DESA KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

UMI, WAHYU HIDAYAH (2020) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA MASYITHOH 10 DESA KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI WAHYU HIDAYAH_Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di RA Masyithoh 10 Karangtengah.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Anak memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengembangkan kreativitas. Berkembangnya kreativitas tersebut menuntut ketekunan waktu dan kerja keras dari kesadaran diri individu itu sendiri. Perkembangan kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak sangat berpengaruh untuk kreativitas anak. Dalam rangka membantu anak untuk mewujudkan kreativitasnya, maka anak perlu dilatih dan dirangsang keterampilannya sesuai dengan minat dan bakat anak. RA Masyithoh 10 Karangtengah merupakan salah satu lembaga Islam pendidikan anak usia dini di wilayah kabupaten Banyumas yang sangat memperhatikan perngembangan kreativitas pada anak didiknya. Selain mengajarkan akhlakul karimah dan pendidikan keagamaan, RA Masyithoh 10 Karangtengah juga mengembangkan pembelajaran tentang pengetahuan umum dan bahasa melalui berbagai kegiatan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sementara objek penelitiannya adalah bagaimana pengembangan kreativitas pada anak usia dini di RA Masyithoh 10 desa Karangtengah kecamatan Kembaran kabupaten Banyumas. Sedangkan subjek penelitiannya adalah Kepala RA dan Guru. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan kurikulum merupakan dasar pengembangan kreativitas anak di RA Masyithoh 10 Karangtengah, adapun lingkup pengembangan kreativitasnya sendiri terdiri dari nilai agama dan moral, fisik dan motorik, kognitif, bahasa, sosial emosi (sosem), dan seni. Pengembangan kreativitas nilai-nilai agama dan moral di RA Masyithoh 10 Karangtengah dilakukan melalui kegiatan outing class dan senam anak sholeh. Di bidang fisik dan motorik dilakukan melalui dua aspek kegiatan, yaitu motorik kasar dan motorik halus. Di bidang kognitif melalui pembelajaran, sementara di bidang bahasa melalui kegiatan bermain peran dan bercerita. Sedangkan di bidang seni, pengembangan kreativitas dilakukan melalui kegiatan olah seni seperti menari, menyanyi, dan kerajinan tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kreativitas, RA Masyithoh 10 Karangtengah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UMI WAHYU HIDAYAH
Date Deposited: 08 Dec 2020 16:56
Last Modified: 08 Dec 2020 16:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9042

Actions (login required)

View Item View Item