PENGELOLAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BA ’AISYIYAH CABANG BOBOTSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Septi, Margiyanti (2020) PENGELOLAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BA ’AISYIYAH CABANG BOBOTSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_ Daftar Pustaka.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Septy Margiyanti_Pengelolaan Program Pembelajaran PAUD di BA Aisyiyah Cabang Bobotsari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program pembelajaran pendidikan anak usia dini di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Cabang Bobotsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Cabang Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Data awal penelitian ini diperoleh melalui wawancara terhadap subyek dan dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data di reduksi dan diklasifikasi kemudian dideskripsikan untuk menggali lebih dalam tentang hasil temuan. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pengelolaan program pembelajaran pendidikan anak usia dini di BA ’Aisyiyah Cabang Bobotsari tahun pelajaran 2019/2020 kecamatan bobotsari kabupaten purbalingga telah dilakukan dengan baik sesuai tahapan manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Proses pengelolaan program pembelajaran di BA ’Aisyiyah Cabang Bobotsari telah melalui tahapan: 1) Perencanaan, yaitu suatu proses dan cara berfikir tentang upaya- upaya yang dilakukan dalam kegiatan PAUD untuk mencapai tujuan PAUD; 2) Pengorganisasian, yaitu upaya untuk menentukan dan mengatur hubungan serta aktivitas dari sumber daya manusia yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan PAUD pada suatu lembaga PAUD untuk mencapai tujuan PAUD; 3) pelaksanaan, yaitu upaya merealisasikan program kegiatan PAUD yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan PAUD melalui pendayagunaan sumber daya PAUD secara efektif dan efisien; dan 4) Penilaian, yaitu upaya yang dilakukan untuk menentukan keberhasilan program kegiatan PAUD yang telah dilaksanakan. Kata Kunci : Pengelolaan, Program Pembelajaran, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Program Pembelajaran, Anak Usia Dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Septi Margiyanti sdr
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:41
Last Modified: 12 Nov 2020 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9028

Actions (login required)

View Item View Item