Quizizz Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar Dalam Masa Covid-19 Di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas

Suci, ningsih (2020) Quizizz Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar Dalam Masa Covid-19 Di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suciningsih_Quizizz Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar Dalam Masa Covid-19 di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keluhan orangtua peserta didik tentang bebasnya penggunaan smartphone dan merebaknya Covid-19 membuat MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas mengambil kebijakan untuk memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran. Memanfaatkan teknologi sebagai media diharapkan mampu membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif terutama pada masa pandemi ini. Kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari penilaian hasil belajar yang pada MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas menggunakan salah satu aplikasi yaitu quizizz sebagai alat penilaian hasil belajar. Sebuah aplikasi yang mudah diakses melalui smartphone yang terkoneksi dengan internet. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan dan pelaksanaan penilaian hasil belajar menggunakan quizizz, serta pengambilan keputusan hasil belajar menggunakan quizizz pada MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas.Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneli tian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi quizizz sebagai alat penilaian hasil belajar dalam masa Covid-19 meliputi tiga tahap, yang pertama tahap perencanaan, dalam tahap ini meliputi kebijakan implementasi quizizz, persiapan SDM, persiapan Sarana, sosialisasi, dan desain implementasi quizizz. Tahap kedua yakni tahap pelaksanaan, meliputi pelaksanaan penilaian harian dan penilaian tengah semester. Tahap ketiga tentang pengambilan keputusan hasil belajar dengan quizizz. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi quizizz sebagai alat penilaian hasil dalam masa Covid-19 di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas sangat efektif karena pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran secara keseluruhan dilakukan secara daring, quizizz sebagai media belajar online dapat diakses di manapun, kapanpun, dan oleh siapapun, peserta didik dan pendidik sebagai admin dapat langsung melihat skor hasil belajar. Selain itu, hasil belajarpun dapat langsung diunduh dalam bentuk file excel dengan hasil analisis yang terbagi dalam dua sheet yaitu class level dan player level, memudahkan dan mempercepat guru dalam mengambil keputusan hasil belajar terhadap peserta didik. Kata kunci: Alat penilaian, Hasil Belajar, dan Quizizz QUIZIZZ AS A LEARNING RESULT ASSESSMENT TOOL IN THE TIME OF COVID-19 IN MI MUHAMMADIYAH ADD AJIBARANG BANYUMAS SUCININGSIH NIM. 181763005 ABSTRACT Complaints from parents of students about the free use of smartphones and the spread of Covid-19 made MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas take a policy to use smartphones as learning media. Utilizing technology as a medium is expected to be able to make learning activities more effective, especially during this pandemic. Learning activities cannot be separated from the assessment of learning outcomes which at MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas uses an application, namely quizizz as a learning outcome assessment tool. An application that is easily accessible via a smartphone connected to the internet. The purpose of this study was to analyze the planning and implementation of learning outcomes assessment using quizizz, and decision making learning outcomes using quizizz at MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas. The research method used a qualitative approach and the type of case study research. The research data were obtained through interviews, observation and documentation. Data analysis was obtained through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity checks by extending observations, increasing persistence, and triangulation. The results of this study indicate that the implementation of quizizz as a tool for assessing learning outcomes during the Covid-19 period includes three stages, the first is the planning stage, in this stage includes quizizz implementation policy, human resource preparation, facility preparation, socialization, and quizizz implementation design. The second stage is the implementation stage, including the implementation of daily assessments and mid-semester assessments. The third stage is about making learning outcomes decisions with quizizz. Based on these results it can be concluded that the implementation of quizizz as an outcome assessment tool during the Covid-19 period at MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas was very effective because during the Covid-19 pandemic, overall learning was carried out online, quizizz as an online learning medium can be accessed anywhere, anytime. , and by anyone, students and educators as admins can immediately see the score of learning outcomes. In addition, learning outcomes can be directly downloaded in the form of an excel file with the results of the analysis divided into two sheets, namely the class level and the player level, making it easier and faster for teachers to make learning outcomes decisions for students. Keywords: Assessment tools, Learning Outcomes, and Quizizz

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Quizizz, Alat Penilaian, dan Hasil Belajar
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Suciningsih S
Date Deposited: 09 Nov 2020 15:01
Last Modified: 09 Nov 2020 15:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9026

Actions (login required)

View Item View Item