Kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas V MIS Islamiyah Margasari 01 Sidareja Cilacap

Ety, Fajriyani (2020) Kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas V MIS Islamiyah Margasari 01 Sidareja Cilacap. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ety Fajriyani_Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIS Islamiyah Margasari 01 Sidareja Cilacap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti tidak terlepas dari mata pelajaran matematika. Ada banyak materi matematika yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi seperti yang kita ketahui mata pelajaran matematika kerap kali menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit karena berhubungan dengan angka yang sulit dipecahkan. Pada pembelajaran matematika terdapat siswa kelas V yang mengalami kesulitan belajar, hal tersebut dapat dilihat dari kecenderungan rendahnya hasil latihan soal maupun hasil ulangan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dan faktor yang membuat siswa kesulitan belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjeknya yaitu siswa-siswi kelas V dan guru kelas V MIS Islamiyah Margasari 01 Sidareja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesulitan belajar yang dialami siswa adalah kesulitan memahami konsep perbandingan pecahan, kesulitan dalam menghitung bilangan bulat, dan kesulitan dalam memecahkan masalah dalam menentukan FPB dan KPK. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya faktor intelektual, faktor kejiwaan, dan fisiologis. Faktor eksternal meliputi metode yang digunakan guru belum bervariasi yaitu ceramah dan tidak melibatkan siswa ikut terlibat aktif secara fisik dalam pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang masih belum memadai. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, matematika, sekolah dasar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ety Fajriyani sdr
Date Deposited: 09 Nov 2020 14:56
Last Modified: 09 Nov 2020 14:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9025

Actions (login required)

View Item View Item