YANI RAMADANI, PRATIWI (2020) ANALISIS KOMPETENSI INTI, KOMPETENSI DASAR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN ERBITAN MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH TAHUN 2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
YANI RAMADANI PRATIWI_ANALISIS KOMPETENSI INTI, KOMPETENSI DASAR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN KELAS VIII TERBITAN MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH TAHUN 2019.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Buku ajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran. Seiring dengan bergantinya kurikulum, maka buku ajar yang di jadikan sebagai acuanpun ikut berubah. Dalam perubahannya terdapat berbagai aturan dan kriteria untuk menentukan kelayakan dalam penyusunan dan penyajian sebuah buku. Buku yang dijadikan sebagai acuan, wajib memuat materi-materi pembelajaran yang sesuai dengan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan tujuan pembelajaran. KI berfungsi sebagai unsur pengorganisasi KD. Sedangkan KD merupakan turunan dari KI. Tujuan dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kesesuain Kompetensi Inti (KI), Kompetensi dasar (KD) dan tujuan pembelajaran dalam Buku Ajar Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas VIII Terbitan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 2019. Penelitian ini merupakan library research/penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Data yang di peroleh dari sumber primer yaitu buku ajar Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas VIII Terbitan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 2019, sedangkan untuk data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa buku, surat kabar, majalah, ensiklopedia dan internet yang sekiranya memperkuat data penelitian. Teknik yang digunakan yakni teknik dokumentasi. Untuk selanjutnya data di analisis dengan menggunakan metode cotent anaysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Buku ajar Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas VIII Terbitan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 2019 secara substansi sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Akan tetapi, untuk penekanan kompetensi satu, dua, tiga dan empat tidak seimbang antara satu bab dengan bab yang lain. Sedangkan dalam tujuan pembelajaran setiap bab nya di bagi menjadi dua poin. Poin pertama berisi tentang sub materi yang akan dibahas dan poin kedua berisi tentang metode pembelajaran. Untuk poin kedua tujuan terealisasi jika guru menerapkan metode yang ada di dalam tujuan pembelajaran. Kata kunci: Buku Kemuhammadiyahan, KI dan KD, Tujuan Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku ajar, KI dan KD, Tujuan Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education 300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yani Ramadani Pratiwi sdr |
Date Deposited: | 07 Nov 2020 13:50 |
Last Modified: | 07 Nov 2020 13:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8996 |
Actions (login required)
View Item |