PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I DI MI MA’ARIF NU NURUL IKHLAS PAGEDANGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

JANI WIJAYANTO, NIM : 102336054 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I DI MI MA’ARIF NU NURUL IKHLAS PAGEDANGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123MB) | Preview
[img] Text
JANI WIJAYANTO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I DI MI MA’ARIF NU NURUL IKHLAS PAGEDANGAN KECAMATAN BOJONGSARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124MB)

Abstract

Permasalahan pokok yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas IV pada MI Ma’arif NU Nurul Ikhlas Pagedangan dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang tidak sesuai dengan target KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan. Dari 17 siswa baru 3 siswa yang tuntas. Sehingga tujuan penelitian ini untuk memperbaiki, meningkatkan dan menyempurnakan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang dipakai adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam perbaikan pembelajaran dilakukan dua siklus dalam setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar meningkat pada siklus I menjadi 65 % siswa yang tuntas atau 11 siswa dan pada siklus II menjadi 82 % atau 14 siswa. Rata-rata nilai kelas juga meningkat dari sebelumnya hanya 56 maka pada Siklus I naik 69 dan di Siklus II manjadi 79. Adapun 3 siswa yang belum tuntas pada siklus II dikarenakan masih kurangnya konsentrasi dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan terutama pelajaran IPA. Berdasarkan analisis data, Penelitian Tindakan Kelas terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV di MI Ma’arif NU Nurul Ikhlas Pagedangan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga dengan menggunakan media audiovisualdisimpulkan berhasil. Kata kunci : Hasil Belajar, IPA, Media Audiovisual v

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 26 Aug 2016 02:33
Last Modified: 26 Aug 2016 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item