STRATEGI PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT AL IHSAN JAWA TENGAH (LAZiS JATENG) CABANG KOTA SEMARANG (Studi kepuasan muzaki dan peningkatan pendapatan mustahik)

NURUL SHOLEH, NIM. 102323090 (2016) STRATEGI PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT AL IHSAN JAWA TENGAH (LAZiS JATENG) CABANG KOTA SEMARANG (Studi kepuasan muzaki dan peningkatan pendapatan mustahik). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
NURUL SHOLEH_STRATEGI PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA ZAKAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)

Abstract

Zakat merupakan rukun Islam yang ketiga, yang memiliki dimensi vertikal dan horisontal. Ibadah zakat apabila ditunaikan dengan baik maka akan meningkatkan kualitas keimanan, mengembangkan dan memberkahkan harta. Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi zakat yang besar pula. Selama ini potensi zakat yang dihimpun masih jauh dari target. Oleh karena itu masalah penghimpunan dana zakat selalu menjadi tema penting bagi setiap organisasi pengelola zakat, baik BAZ maupun LAZ. Tanpa aktifitas penghimpunan dana kegiatan lembaga pengelola zakat akan kurang efektif. Apabila penghimpunan dana tidak menghasilkan, maka tidak ada sumber dana bagi lembaga amil zakat, sehingga lembaga akan kehilangan kemampuan untuk terus menjaga kelangsungan programnya dan pada akhirnya lembaga akan melemah. Untuk mencapai hal tersebut di dalam penghimpunan dan penyaluran dana zakat diperlukan strategi-strategi yang dapat menjaga eksistensi dari lembaga pengelola zakat khususnya adalah LAZiS Jateng cabang Kota Semarang. Kepuasan muzaki sangat dibutuhkan guna menjaga loyalitas untuk mendukung suksesnya penghimpunan dana zakat. Selanjutnya, kesuksesan penghimpunan dana zakat juga harus diimbangi dengan penyaluran dana yang baik dengan harapan mampu meningkatkan pendapatan seorang mustahik, yang kemudian diharapkan mampu bangkit untuk menjadi seorang muzaki yang menjadikan dana zakat terus berputar dan mensejahterakan. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi penghimpunan dan penyaluran dana zakat pada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang, mengetahui dan menganalisis kepuasan muzaki yang ada pada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang serta mengetahui dan menganalisis peran penyaluran dana zakat pada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang dalam peningkatkan pendapatan mustahik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk menggambarkan keadaan berdasarkan fakta-fakta yang tampak. Tahapan yang dilakukan dalam menganalisis data adalah analisis sebelum di lapangan dan analisis data di lapangan. Analisis data di lapangan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penghimpunan dana zakat pada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang melalui sosialisasi, produk-produk penghimpunan, menjalin kerjasama dan menjalin komunikasi dengan baik. Untuk strategi penyaluran dana zakat yang dilakukan adalah melalui kerjasama dan memalui program penyaluran dana zakat yang terdiri dari Economic Support, Education Support, Health Support, Dakwah Support serta berupa pemberian santunan. Dalam proses penyaluran dana zakat melalui beberapa proses yaitu: melakukan studi kelayakan, menetapkan program tepat guna, melakukan pendampingan, melakukan pengawasan, membuat laporan dan melakukan evaluasi. Kepuasan muzaki pada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang dikarenakan pelayanan yang diberikan oleh LAZiS Jateng cabang Kota Semarang, dari hasil penelitian mengenai kepuasan muzaki pada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang, yang dilakukan terhadap 9 orang muzaki, mereka puas kepada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang. Kualitas pelayanan yang paling banyak dirasakan muzaki adalah kategori daya tanggap(responsiveness). Kepuasan muzaki juga dapat dilihat dari kesediaan muzaki merekomendasikan LAZiS Jateng cabang Kota Semarang dan loyalitas muzaki pada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang. Peran penyaluran dana zakat dalam meningkatkan pendapatan mustahik adalah melalui program Economic Support dapat dikatakan berperan cukup baik. Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap 6 orang mustahik, 5 diantaranya mengalami peningkatan pendapatan. Prosentase peningkatan pendapatan sebesar 45%-400%. Sedangkan 1 orang mustahik tidak mengalami peningkatan pendapatan. Secara keseluruhan strategi penghimpunan dan penyaluran dana zakat pada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang dapat dikatakan berjalan dengan cukup baik. Untuk strategi penghimpunan berjalan cukup baik, hal ini dapat dilihat salah satunya dengan peningkatan dana zakat yang diperoleh setiap tahunnya serta kepuasan muzaki pada LAZiS Jateng cabang Kota Semarang. Sedangkan, dalam strategi penyaluran dapat dikatakan cukup baik, salah satunya dikarenakan memiliki peran yang cukup baik dalam peningkatan pendapatan mustahik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi penghimpunan dan penyaluran dana zakat,kepuasan muzaki, peningkatan pendapatan mustahik, LAZiS Jateng cabang Kota Semarang.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 26 Aug 2016 02:26
Last Modified: 26 Aug 2016 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item