Tri, Nurhani (2020) Manajemen Pendidikan Multikultural di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto (Pu Hua Shcool). Masters thesis, IAIN Putrwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (790kB) | Preview |
|
|
Text
Tri Nurhani_Manajemen Pendidikan Multikultural di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto (Pu Hu School).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Bangsa Indonesia di dirikan dengan dengan darah dan air mata mereka yang rela mengorbankan jiwanya atas nama cinta pada negerinya tanpa memandang apa suku, agama, ras, warna kulit, bahasa, tradisi, dan sebagainya.Pendidikan di Indonesia menjadi kunci utama dalam pembentukan karakter bangsa menjunjung tinggi nilai budaya toleransi dan nasionalisme. Agar Bhineka Tunggal Ika tidak hanya menjadi semboyan belaka tanpa menjadi karakter pada jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mendesikripsikan Manajemen Pendidikan Multikultural di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purokerto (Pu Hua Schoo), yang meliputi: kebijakan sekolah terhadap pendidikan multikultural, mekanisme manajemen pendidikan multicultural, implementasi manajemen pendidikan multicultural, dan dampak adanya pendidikan multicultural bagi manajemen sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek apa adanya.Objek dalam penelitian ini adalah manajemen pendidikan multikultural. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwamanajemen dalam pendidikan multicultural di sekolah sangatlah penting karena dalam mencapai tujuan sekolah yang telah dirumuskan serta dengan kondisi sekolah yang multicultural, multi agama, dan multi bahasa perlu adanya manajemen yang baik agar pendidikan multicultural dapat terlaksana dengan efektif. Adapun proses perencanaan dalam manajemen pendidikan multicultural dapat berupa pengambilan kebijakan sekolah yang mendukung terlaksananya pendidikan di sekolah, menciptakan mekanisme yang baik dalam mengelola rencana serta program/kegiatan pendidikan multicultural dengan berkerjasama sesuai dalam tugas masing-masing yang telah ditentukan, dalam implementasi manajemen pendidikan multicultural memerlukan banyak pihak yang terlibat untuk mendukung pelaksanaan pendidikan multikultural, dengan adanya dampak dari pendidikan multicultural manajemen sekolah haruslah konsisten mengawasi dan mengevaluasi setiap kegiatan yang berjalan agar terus tercipta inovasi dan gagasan baru dalam mengembangkan pendidikan di sekolah. Dengan kondisi sekolah yang berbeda latar belakang ini, akan sangat mendukung pendidikan multicultural secara nyata. Dan diharapkan lulusan sekolah mampu menjadi agen perdamaian tidak hanya cakap dalam berbahasa Asing namun juga berjiwa pluralisme. Kata kunci : Pendidikan Multikultural, Manajemen
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pendidikan, Pendidikan Multikultural, SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sdri Tri Nurhani |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 17:09 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 17:09 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8944 |
Actions (login required)
View Item |