MANAJEMEN PROGRAM PANAHAN UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER DI SMP AL-MUWAHHID BOARDING SCHOOL BEJI KEDUNGBANTENG

Mutmainatul, Khoeriyah (2020) MANAJEMEN PROGRAM PANAHAN UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER DI SMP AL-MUWAHHID BOARDING SCHOOL BEJI KEDUNGBANTENG. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mutmainatul Khoeriyah_Manajemen Program Panahan Untuk Menanamkan Nilai Karakter Siswa Di SMP Al-Muwahhid Boarding School Beji Kedungbanteng.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen program panahan untuk menanamkan nilai karakter dan menemukan nilai-nilai karakter melalui program panahan di SMP Al-Muwahhid Boarding School Beji Kedungbanteng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif mengambil lokasi di SMP Al-Muwahhid Boarding School Beji Kedungbanteng. Adapun, pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggali sumber data yaitu pembina program panahan, Kepala Sekolah, dan anggota program panahan, serta pengamatan dari program panahan. Objek penelitian ini adalah pengembangan karakter melalui manajemen program panahan di SMP Al-Muwahhid Boarding School Beji Kedungbanteng. Hasil penelitian ini sebagaimana tujuan penelitian adalah (1) Manajemen dilakukan dengan empat tahap pertama perencanaan yaitu; mempertimbangkan manfaat dan tujuan, mempersiapkan pengadaan sarpras dan materi, siapa saja pihak yang nantinya akan terlibat, dan menetapkan pembina, jadwal kegiatan, dan anggota panahan. Kemudian pengorganisasian yaitu; pihak yang diberi wewenang dan tugas. Selanjutnya pelaksanaan yaitu; waktu dan tempat pelaksanaan program panahan. Terakhir evaluasi yaitu; kehadiran, ketangkasan, ketepatan, keberanian, dan test skill., dan (2) Nilai-nilai karakter yang didapatkan dari program panahan ada karakter disiplin meliputi; tepat waktu mengikuti panahan, shalat berjamaah, mengikuti pembelajaran di kelas. Kemudian kerja keras meliputi; bersemangat dan rajin mengikuti panahan, tidak mudah putus asa. Selanjutnya karakter mandiri meliputi; menyiapkan, mempersiapkan dan menaruhnya alat-alat panahan dengan inisiatif sendiri. Selanjutnya, menghargai prestasi meliputi; menghargai, menghormati, dan memotivasi orang lain. Terakhir bersahabat/komunikatif meliputi; berteman dengan baik, mudah bergaul, saling bekerja sama, sama-sama saling menjaga keharmonisan pertemanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen,Panahan,dan Karaker
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mutmainatu Khoeriyah sdr
Date Deposited: 06 Nov 2020 07:44
Last Modified: 06 Nov 2020 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8939

Actions (login required)

View Item View Item