PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BPI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU PURBALINGGA

Solikha, Nurtrianti (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BPI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BABI_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SOLIKHA NURTRIANTI_PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Purbalingga. Kepuasan nasabah menjadi prioritas utama pada penelitian ini karena tingkat persaingan yang semakin ketat diantara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain. Salah satu cara untuk menciptakan kepuasan nasabah adalah dengan meningkatkan kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan. Apabila perusahaan menetapkan harga yang sesuai, kualitas produk dan kualitas pelayanan yang baik, maka nasabah akan merasa puas. Dengan timbulnya rasa puas, maka nasabah akan dating kembali dan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada orang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni melalui wawancara, kuesioner, dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yakni 98 orang yang terdaftar sebagai nasabah di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Purbalingga Tahun 2017-2019. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistics 20 dapat diketahui bahwa pada variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan simultan dan signifikan terhadap kepuasan nasabah sedangkan variabel harga berpengaruh secara parsial dan simultan dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pada uji R Square, menjelaskan bahwa variabel kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah sebesar 20,5%. Sedangkan sisanya sebesar 79,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Solikha Nurtrianti
Date Deposited: 06 Nov 2020 07:40
Last Modified: 06 Nov 2020 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8936

Actions (login required)

View Item View Item