TRANSFORMASI DAKWAH ISLAM (ANALISIS TAYANGAN KOMEDI BOCAH NGAPA (K) YA NGABUBURIT)

VINA, RAHMATUL UMMAH (2020) TRANSFORMASI DAKWAH ISLAM (ANALISIS TAYANGAN KOMEDI BOCAH NGAPA (K) YA NGABUBURIT). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Vina Rahmatul Ummah_Transformasi Dakwah Islam (Analisis Tayangan Komedi Bocah (k) Ya Ngabuburit).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dakwah Islam mengalami transformasi dalam beberapa bentuk sesuai perubahan sosial yang terjadi. Dalam era media, dakwah Islam dikemas dalam budaya populer komedi berbasis budaya lokal. Penelitian ini akan membahas secara teoritis mengenai transformasi dakwah Islam dalam tayangan komedi berbasis budaya lokal, yang mana objek dari penelitian ini adalah tayangan bocah ngapak ya ngabuburit yang tayang pada bulan ramadhan tahun 2019. Tayangan tersebut bergenre komedi situasi dimana bahasa komunikasi yang digunakan menggunakan bahasa ngapak banyumas, kemudian pada saat moment bulan Ramadhan 2019 tayangan tersebut memberikan tema-tema yang bernuansa keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dalam kondisi seperti apa masyarakat membutuhkan komedi atau hiburan. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui , memahami, dan menganalisa bagaimana komedi dalam mentransformasikan Islam di media televisi. Komedi dijadikan sebagai instrumen dalam berdakwah. Metode penelitian yang digunakan penulis disini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif teks. Analisis yang telah dilakukan penulis diteliti menggunakan teori besarnya yaitu teori konstruksi sosial Peter L. Beger dan perubahan sosial, namun sub teori yang digunakan penulis menggunakan teori industrialisasi sosial dan teori transformasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian yang diperoleh ialah, Masyarakat pragmatis sebagai konsekuensi dari pola pembangunan berbasis industri. Masyarakat berada dalam situasi kompetitif yang tinggi sehingga menimbulkan kecemasan, ketakutan, dan stress yang lumayan tinggi. Dalam situasi ini maka masyarakat membutuhkan hiburan atau komedi. Materi hiburan yang paling tepat adalah yang tidak membutuhkan proses berpikir yang panjang. Memasuki era media, dakwah Islam kemudian berubah menyesuaikan karakteristik media yang fungsi utamanya adalah informasi, edukasi, dan hiburan. Pada masa industri, praktis media lebih dominan sebagai hiburan. Islam kemudian dikemas ke bentuk hiburan dalam media Budaya lokal Banyumasan dianggap sebagai budaya pinggiran yang berbeda dengan arus utama Jawa. Maka ia dianggap lucu, aneh, dan unik. Dalam perspektif media, karakteristik Ngapak menarik untuk ditampilkan sebagai tontonan. Tontonan yang diberikan unsur keagamaan menjadikan sebuah hiburan yang sehat. Transformasi Islam yang beranjak dari perubahan sosial mayarakat, media melihat Islam dan Budaya Lokal sebagai sumber penghasilan. Maka menampilkan keduanya atau meproduksinya dengan membuat program acara dalam media menjadi keuntungan yang besar. Kata Kunci : Transformasi, Industrialisasi, Dakwah, Komedi, Budaya Lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Industrialisasi, Dakwah, Komedi, Budaya Lokal.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Vina Rahmatul Ummah
Date Deposited: 06 Nov 2020 09:08
Last Modified: 06 Nov 2020 09:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item