Evaluasi Program Keagamaan dalam Kelas Khusus di SMK Ma'arif 1 Kroya (Study Evaluatif Menggunakan Model CIPP)

Siti, Musarofah (2020) Evaluasi Program Keagamaan dalam Kelas Khusus di SMK Ma'arif 1 Kroya (Study Evaluatif Menggunakan Model CIPP). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I_BAB V_DAFTAR_PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Program keagamaan di SMK Ma’arif 1 Kroya merupakan salah satu program yang diterapkan dalam rangka mencetak generasi yang berakhlakul karimah dan memiliki keahlian yang baik. Program ini sudah berjalan dari tahun 2017, dengan pelaksanaan pembelajaran maupun kegiatan keagamaan yang dibuat oleh lembaga sekolah yang memiliki penanggung jawab secara penuh selain kepala sekolah, terdapat pengelola program keagamaan. Namun belum ada evaluasi secara rinci dan menyeluruh terkait program ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi keagamaan dalam kelas khusus di SMK Ma’arif 1 Kroya dengan menggunakan evaluasi model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel L. Stufflebeam, dkk. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan program keagamaan dalam kelas khusus di SMK Ma’arif 1 Kroya?, dan Bagaimana hasil evaluasi CIPP pada program keagamaan dalam kelas khusus di SMK Ma’arif 1 Kroya?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif, pengumpulan data mengacu pada tabel instrumen evaluasi CIPP yang dibuat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya melalui tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Sedangkan untuk menganalisis data yang penulis peroleh dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitan ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan program keagamaan dalam kelas khusus, secara keseluruhan sudah baik. Hanya perlu perbaikan dan pengoptimalan waktu dan kondisi siswa maupun guru. Sehingga pelaksanaan pembelajaran maupun kegiatan mengenai program keagamaan lebih terarah dan tersusun secara jelas. 2) Komponen context yang terkait dengan perumusan visi, misi, dan tujuan skornya 50. 3) Komponen input menunjukkan bahwa input guru, siswa, kurikulum serta sarana dan prasarana skornya 58,7. 4) Komponen Process, penggunaan metode, media, materi, dan waktu skornya 50. 5) Komponen product target pada program skornya 69,2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Keagamaan, CIPP.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Musyarofah sdr
Date Deposited: 06 Nov 2020 07:14
Last Modified: 06 Nov 2020 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8908

Actions (login required)

View Item View Item