METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Rifka, Naila Purwanto (2020) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rifka Naila Purwanto_Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran tahfidz Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus merupakan salah satu komponen penting yang diterapkan pada saat proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an berlangsung. Namun, saat ini masih banyak anak berkebutuhan khusus yang kesulitan dalam menghafalkan Al-Qur’an dikarenakan keterbatasan yang mereka miliki, meskipun sudah ada beberapa metode yang diterapkan di berbagai lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus, namun tidak dapat dipungkiri metode-metode tersebut masih belum diterapkan dengan baik karena ketidaksesuaian antara metode dengan kondisi dan kemampuan anak itu sendiri. Pemilihan dan penerapan metode dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti guru tahfidz, lingkungan dan anak berkebutuhan khusus itu sendiri. Faktor-faktor tersebut harus saling mendukung dan melengkapi agar metode yang diterapkan mampu mendorong pembelajaran tahfidz mencapai keberhasilan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka (library research) dengan memfokuskan untuk mengumpulkan, menganalisis, menyajikan, serta menyimpulkan segala bentuk informasi dan dokumen yang bersifat teoritis berkaitan dengan metode pembalajaran tahfidz Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus. Sedangkan dalam menganalisis data-data yang penulis peroleh menggunakan teknik analisis isi, yaitu berupa data-data tertulis dan pendekatan kajian teks yaitu dengan menelaah literatur terkait. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran tahfidz Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus berupa metode talaqqi, metode tasmi’, metode terapi gabungan, dan metode Al-Qur’an braille merupakan metode yang efektif bagi anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan menghafalkan Al-Qur’an, karena metode-metode tersebut sesuai dengan kemampuan dan karakteristik anak berkebutuhan khusus, sehingga memudahkan anak dalam proses menghafalkan. Manfaat dari adanya metode-metode tersebut dapat membantu anak berkebutuhan khusus agar bisa menjadi penghafal Al-Qur’an seperti orang normal pada umumnya serta dapat mengembangkan potensi anak dan berpartisipasi dalam melestarikan Al-Qur’an, sehingga anak berkebutuhan khusus mampu menjadi salah satu generasi Qur’ani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Rifka Naila Purwanto
Date Deposited: 06 Nov 2020 07:22
Last Modified: 06 Nov 2020 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8903

Actions (login required)

View Item View Item