PENJAMINAN MUTU TAHFIDZ BALITA DENGAN METODE PROTABA DI KBIT AL-MUZAMMIL BANTERAN BANYUMAS

Ahmad, Mulya Akmaludin (2020) PENJAMINAN MUTU TAHFIDZ BALITA DENGAN METODE PROTABA DI KBIT AL-MUZAMMIL BANTERAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD MULYA OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci yang penuh keajaiban dan keindahan. Salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan al-Qur’an adalah dengan menghafalnya, sebab di antara keistimewaan al-Qur’an adalah Ia merupakan kitab yang dijelaskan dan dimudahkan untuk di hafal. Ada sebagian pembelajaran yang mengkritik kegiatan menghafal al-Qur’an yang dilakukan pada saat usia balita atau kanak-kanak karena menurut mereka, balita menghafal al-Qur’an tanpa pemahaman. Guru dituntut memiliki metode yang tepat untuk mengajarkan hafalan pada anak usia dini. Metode Protaba sangat mudah dipahami dan diterapkan untuk anak (balita) yang sama sekali belum pernah mengaji atau belum pernah punya hafalan al-Qur’an. Metode Protaba mengaplikasikan ilmu Neuro Linguistic Programming (NLP) yaitu dengan menggunakan kemampuan indra mata, telinga, dan tangan. NLP dalam Protaba menggunakan komputer dan speker murottal yang sudah dimodifikasi, bukan hanya mendengarkan saja, tapi melihat video animasi hafalan sekaligus memahami maknannya melalui film-film kartun islami, tentunya di dalam proses pembelajarannya tidak sama dengan orang dewasa, di KBIT Al-Muzammil semua pembelajaran sangat menyenangkan dalam proses menghafal, sehingga benar-benar ramah untuk otak anak dan dilakukan dengan pendekatan Joy Full Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan menggali sumber data yaitu kepala Sekolah, guru tahfidz dan peserta didik di KBIT Al-Muzamil, serta pengamatan dari kegiatan program tahfidz balita di KBIT Al-Muzamil. Objek penelitian ini adalah penjaminan mutu tahfidz balita dengan metode protaba di KBIT Al-Muzamil Banteran Banyumas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjaminan mutu progam tahfidz balita dengan metode protaba di KBIT Al-Muzamil Banteran yaitu dengan merumuskan kebijakan program tahfidz Qur’an, menetapkan standar kemampuan membaca dan menghafal, menentukan metode pencapaian standar kemampuan membaca dan hafalan al-Qur’an, melaksanakan program tahfidz Qur’an, dan melakukan evaluasi dan perbaikan program tahfidz terhadap kemampuan membaca dan menghafal anak dengan metode protaba. Kata Kunci: Penjaminan Mutu Program Tahfidz Balita dan Metode Protaba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penjaminan Mutu Program Tahfidz Balita dan Metode Protaba
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Ahmad Mulya Akmaludin
Date Deposited: 06 Nov 2020 15:09
Last Modified: 06 Nov 2020 15:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item