PENGEMBANGAN SIKAP PROSOSIAL PADA ANAK MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI TK DIPONEGORO 59 PANGEBATAN KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Husnul, Khotimah (2020) PENGEMBANGAN SIKAP PROSOSIAL PADA ANAK MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI TK DIPONEGORO 59 PANGEBATAN KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Husnul Khotimah_Pengembangan Sikap Prososial pada Anak Melalui Kegiatan Pembiasaan di TK Diponegoro 59 Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka (0).pdf

Download (794kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pada saat ini adalah makin banyak nya adalah makin banyaknya perilaku anti sosial yang sangat rentan terbentuk pada saat usia dini dan kurangnya perhatian dari guru serta orang tua dalam mengembangkan karakter anak terutama dalam sikap prososialnya. Usia dini merupakan masa dimana semua aspek dalam individu sedang mengalami perkembangan sesuai dengan pertumbuhannya. Perkembangan anak usia dini merupakan sarana yang tepat untuk mencegah prilaku bermasalah pada anak. Selain itu, peranan lingkungan sosial yang baik pada anak akan berdampak positif sehingga ia memiliki penyesuaian diri yang baik. Adapun sikap prososial yang harus dikembangkan sejak anak usia dini adalah sikap empati, bekerjasama, bertindak jujur dan sikap berbagi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil Pengembangan Sikap Prososial Pada Anak Melalui Kegiatan Pembiasaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berjenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di TK Diponegoro 59 Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi guru dan wali murid/orang tua anak. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengenai sikap prososial anak yang berkembang melalui kegiatan pembiasaan di TK Diponegoro 59 Pangebatan adalah 1) pengembangan sikap empati melalui kegiatan pembiasaan rutin seperti kegiatan menjenguk teman sakit/terkena musibah, melalui bercerita, 2) pengembangan sikap berbagi melalui kegiatan pembiasaan rutin seperti berbagi makanan dan mainan, melakukan infaķ/sedekah setiap hari jum'at, 3) pengembangan sikap bertindak jujur melalui kegiatan pembiasaan keteladanan seperti bercerita di depan guru dan teman, serta melalui kegiatan pembiasaan spontan seperti pemberian reward, dan 4)pengembangan sikap bekerjasama melalui kegiatan pembiasaan rutin seperti kerja kelompok, membereskan mainan dan membuang sampah yang berserakan pada tempatnya. Kata kunci: sikap prososial, anak usia dini, dan kegiatan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Prososial, Anak Usia Dini,dan Kegiatan Pembiasaan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Husnul Khotimah sdr
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:06
Last Modified: 06 Nov 2020 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8869

Actions (login required)

View Item View Item