INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM KEGIATAN RIHLAH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN PURWOKERTO UTARA

Ari, Setiyo Adi (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM KEGIATAN RIHLAH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARI SETIYO ADI_INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM KEGIATAN RIHLAH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN PURWOKERTO UTARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Indonesia saat ini didominasi pada tujuan penguasaan kognitif peserta didik dengan sedikit presentase aspek afektif dan psikomotorik yang seharusnya mendapatkan porsi sama dengan aspek kognitif, sehingga terwujud peserta didik yang cerdas, berakhlakul karimah, terampil, dan memiliki keimanan yang kuat sesuai dengan tuntunan suri tauladan Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan hal tersebut, pendidikan perlu di arahkan pada visi misi pendidikan profetik (kenabian) yang meliputi nilai humanisasi, nilai liberasi, dan nilai transendensi melalui proses internalisasi sehingga menjadi kepribadian peserta didik seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsiskan bagaimana proses kegiatan rihlah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran, Purwokerto Utara dilaksanakan, (2) menganalisis bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan profetik dalam kegiatan rihlah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran, Purwokerto Utara. Untuk memperoleh tujuan di atas, Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada kegiatan analisis data diperoleh dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber data, triangulasi teknik pengumpulan data, dan triangulasi waktu. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses kegiatan rihlah di TPQ Al-Amin Pabuwaran meliputi perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan yang melibatkan Ustadz-ustadzah, santri, dan masyarakat sekitar. Internalisasi nilai-nilai pendidikan profetik dalam kegiatan rihlah di TPQ Al-Amin Pabuwaran meliputi nilai humanisasi berupa nilai persaudaraan, kasih sayang, memandang seseorang secara penuh dari sisi fisik dan psikis, toleransi, menghargai orang lain, menghilangkan berbagai bentuk kekerasan serta membuang jauh rasa benci terhadap sesama. Nilai liberasi berupa, nilai pendidikan (memberantas kebodohan), nilai keadilan, menegakan hukum, menegakan HAM, dan memihak kepada kepentingan bersama. Nilai transendensi berupa menghubungkan perilaku, kejadian dengan pedoman Al-Qur’an, mengerjakan sesuatu dengan mengharap memperoleh kebaikan kelak di hari akhir, berusaha untuk memperoleh kebaikan Allah sebagai tempat berharap yang diinternalisasikan dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan rihlah. Kata kunci: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan, Pendidikan Profetik, Rihlah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan, Pendidikan Profetik, Rihlah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Setiyo Adi sdr
Date Deposited: 06 Nov 2020 16:46
Last Modified: 06 Nov 2020 16:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8853

Actions (login required)

View Item View Item