PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PGRI 6 GANDRUNGMANGU 2 KABUPATEN CILACAP

Tika, Silfiana (2020) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PGRI 6 GANDRUNGMANGU 2 KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tika Silfiana_Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP PGRI 6 Gandrungmangu 2 Kabupaten Cilacap.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemandirian belajar matematika siswa di kelas VII SMP PGRI 6 Gandrungmangu 2 Kabupaten Cilacap. Salah satu langkah yang dipandang tepat untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), karena model pembelajaran tersebut menuntut siswa untuk aktif dalam menemukan pemecahan masalah yang dihadapi sehingga siswa mampu menyusun sendiri solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VII di SMP PGRI 6 Gandrungmangu 2 Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Designs bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII di SMP PGRI 6 Gandrungmangu 2 Kabupaten Cilacap yang semuanya dijadikan sampel. Adapun jumlah kelas VII sebanyak 27 siswa yang dibagi menjadi dua bagian yang meliputi kelas kontrol sebanyak 13 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 14 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemandirian belajar matematika siswa menggunakan angket berbentuk pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemandirian belajar matematika siswa di kelas VII SMP PGRI 6 Gandrungmangu 2 kabupaten Cilacap. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain yang diperoleh di kelas Eksperimen sebesar 0,92 atau 91,51% yang merupakan kategori tinggi, sementara kelas kontrol sebesar 0,67 atau 67,18% yang merupakan kategori sedang. Kata Kunci : PBL, Kemandirian Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PBL, Kemandirian Belajar, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Tika Silfiana sdr
Date Deposited: 06 Nov 2020 06:49
Last Modified: 06 Nov 2020 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8845

Actions (login required)

View Item View Item