MANAJEMEN KELAS INKLUSI DI SD ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA BANYUMAS

NURNGAISAH, NURNGAISAH (2020) MANAJEMEN KELAS INKLUSI DI SD ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURNGAISAH_MANAJEMEN KELAS INKLUSI DI SD ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap anak yang telahir ke dunia berada dalam kondisi suci, bersih dan tanpa syarat apapun. Tuhan telah karuniakan kepada setiap anak dengan beragam potensi yang berbeda-beda. Setiap orang perlu belajar dan menuntut ilmu untuk mempertahankan hidup dan kehidupannya. Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan baik, artinya dalam pelaksanaanya pendidikan dilaksanakan tidak memandang perbedaan agama, ras, suku, fisik maupun Bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kelas inklusi di SD Islam Terpadu Annida Sokaraja Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana penelitian dilakukan secara langsung di lokasi atau tempat penelitian untuk memperoleh data serta informasi untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, coordinator inklusi, guru pembimbing khusus, guru kelas inklusi serta siswa inklusi SD Islam Terpadu Annida Sokaraja Banyumas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas inklusi menyusun perencanaan pembelajaran berupa kegiatan belajar dalam kelas inklusi menggunakan kurikulum terpadu (regular penuh), guru pembimbing khusus melakukan pendampingan kepada anak berkebutuhan khusus dalam proses belajar dalam kelas, pemberian pembelajaran dengan model pullout kepada anak berkebutuhan khusus untuk mengulang pelajaran yang telah diperoleh dalam kelas oleh guru pembimbing khusus diruang khusus inklusi. Guru pembimbiing khusus juga membuat kurikulum individu yang disesuaikan dengan kebutuhan anak masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, kelas inklusi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Nurngaisah N
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:21
Last Modified: 06 Nov 2020 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8811

Actions (login required)

View Item View Item