IMPLEMENTASI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II B MI MUHAMMADIYAHKEBUTUH BUKATEJA PURBALINGGA

Faria, Rakhmah (2020) IMPLEMENTASI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II B MI MUHAMMADIYAHKEBUTUH BUKATEJA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FARIA RAKHMAH_IMPLEMENTASI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II B MI MUHAMMADIYAH KEBUTUH BUKATEJA PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dapat dipandang sebagai suatu sistem artinya suatu keseluruhan yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi satu sama lain demi mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam hal ini media pembelajaran dapat dijadikan salah satu komponen pembelajaran yang di manfaatkan sebagai alat bantu penyampaian materi pembelajaran, disamping itu media dapat dijadikan sebagai alat untuk menarik perhatian peserta didik sehingga perhatiannya terpusat pada pembelajaran. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai implementasi media dalam pembelajan Tematik di kelas II B MI Muhammadiyah Kebutuh Bukateja Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media dalam pembelajaran Tematik di kelas II B MI Muhammadiyah Kebutuh Bukateja Purbalingga. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran tematik adalah media visual, audio visual, dan audio. Media visual berupa wayang, benda konkret, gambar jam, papan peraturan di rumah, dan kartu pecahan. Media audio visual berupa video lagu anak, video cerita fabel, dan video pembelajaran power point. Media audio berupa rekaman suara alarm jam beker dan suara kentong. Proses implementasi media dalam pembelajaran Tematik di kelas II B MI Muhammadiyah Kebutuh Bukateja Purbalingga melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan implementasi media dalam pembelajaran Tematik guru terlebih dahulu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran kemudian menentukan media yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan dibahas dan setelah itu membuat dan menyusun media sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pada tahap pelaksanaan guru menyampaikan materi pembelajaran dengan mengimplementasikan media yang telah disesuaikan dengan materi pembahasan. Pada tahap evaluasi guru menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes yang di gunakan yaitu tes pilihan ganda, tes jawaban singkat, dan tes unjuk kerja. Sedangkan teknik non tes dengan penilaian sikap tanggung jawab dan disiplin dalam mengerjakan tugas dan mengumpulkan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Media, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Faria Rakhmah
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:13
Last Modified: 05 Nov 2020 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8788

Actions (login required)

View Item View Item