STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI ANALISIS SOAR (STUDI KASUS PADA CAFE PRAKETA KOPI PURWOKERTO)

WIDI, APRILIANI (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI ANALISIS SOAR (STUDI KASUS PADA CAFE PRAKETA KOPI PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
WIDI APRILIANI _STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2015 Pemerintah membentuk Badan Ekonomi Kreatif guna mengembangkan sektor ekonomi kreatif. Keberadaan ekonomi kreatif mampu mengakselerasi pembangunan ekonomi dan bisnis serta mendorong percepatan globalisasi ekonomi karena produk-produk yang dihasilkan industri kreatif di Indonesia mampu bersaing di pasar global. Cafe Praketa Kopi sebagai salah satu pelaku usaha dalam bidang ekonomi keatif telah mengalami banyak perkembangan sejak pertama kali berdiri pada tahun 2015. Seiring dengan tren coffee shop hingga tahun 2020 sudah banyak sekali bermunculan coffee shop baru yang semakin meningkatkan jumlah pesaing dari Praketa Kopi. Namun Praketa Kopi sebagai salah satu coffee shop gelombang pertama yang ada di Kabupaten Banyumas ternyata mampu mempertahankan eksistensinya ditengah gempuran banyaknya coffee shop baru di sekitarnya. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian Café Praketa Kopi yang terletak di Jalan H.R Boenyamin No.29 Purwokerto. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif menggunakan analisis SOAR. Analisis SOAR digunakan untuk merumuskan alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tahapan strategis dan analisis SOAR menunjukkan strategi yang dilakukan Cafe Praketa Kopi cukup efektif dalam pengembangan usaha namun melihat peluang pasar yang masih terbuka bersamaan dengan banyak munculnya kompetitor dengan usaha serupa diperlukan strategi tambahan dengan memanfaatkan kekuatan (strengths) yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Ekonomi Kreatif, Praketa Kopi, Analisis SOAR.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Widi Apriliani
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:10
Last Modified: 05 Nov 2020 08:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item View Item