KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MI MA’ARIF 04 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Mursida, Aziz (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MI MA’ARIF 04 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab 5_Daftar Pustaka.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mursida Aziz_Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di MI Ma’arif 04 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ada 4 kompetensi guru yaitu profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian. Kompetensi pedagogik menjadi bekal utama bagi seorang guru agar dapat mengelola kelas dengan baik terutama pada proses pembelajaran tematik terpadu sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Dalam penelitian ini, masalah utama yang dibahas adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu dan bagaimana hambatan yang dihadapi guru dalam implementasikan pembelajaran tematik terpadu di MI Ma’arif 04 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 04 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tematik terpadu di MI Ma’arif 04 Gentasari guru sudah mempunyai kompetensi pedagogik pada aspek pemahaman wawasan atau landasan kependidikan yaitu guru telah melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran. Pada aspek memahami karakteristik peserta didik guru bisa menyebutkan karakter peserta didik baik dari sifat ataupun cara belajar. Pada aspek pengembangan kurikulum/silabus yaitu guru mengembangkan kurikulum dengan memusatkan pada karakteristik peserta didik. Pada aspek perancangan pembelajaran tematik terpadu yaitu RPP dibuat oleh guru pada awal tahun pelajaran dengan melibatkan KKG. Kompetensi aspek pelaksanaan pembelajaran yaitu guru menggunakan pendekatan saintifik. Pada aspek pemanfaatan teknologi pembelajaran yaitu guru menggunakan teknologi smartphone dan laptop. Pada aspek evaluasi atau penilaian hasil belajar, guru menggunakan penilaian autentik. Aspek pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya yaitu dengan melibatkan peserta didik untuk aktif berdiskusi, menggali, dan mengeksplor informasi. Adapun hambatan yang ditemui guru yaitu materi tematik mengalami penyempitan, penilaian autentik, dan keterbatasan waktu pembelajaran home visit karena musim pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Pembelajaran Tematik Terpadu, Pendekatan Saintifik, Penilaian Autentik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Mursida Aziz
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:41
Last Modified: 05 Nov 2020 07:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8774

Actions (login required)

View Item View Item