PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Triana, Ayu Oktafiani (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Triana Ayu Oktafiani_Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu dari kemampuan matematis yang perlu dimiliki dan dikembangkan oleh siswa sehingga siswa mampu menghadapi permasalahan baik dalam matematika maupun dalam kehidupan nyata. Karena pentingnya kemampuan tersebut, maka di butuhkan treatment untuk dapat meningkatkan kemampuan tersebut pada siswa. Salah satu faktor pendukung pembelajaran adalah bahan ajar. Bahan ajar yang baik akan mampu mendukung pembelajaran dengan baik pula. Melalui bahan ajar tersebut, peneliti menggunakan salah satu treatment yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis etnomatematika yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis etnomatematika yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII sekolah menengah pertama pada materi aljabar setelah diterapkannya LKS berbasis etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Research and Development. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKS Berbasis Etnomatematika valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dengan skor 3,58 dengan kategori “valid”, validator ahli media dengan skor 3,56 dengan kategori “valid”, dan validator ahli budaya dengan skor 3,75 dengan kategori “sangat valid”, penilaian guru terhadap LKS berbasis etnomatematika memperoleh rata-rata presentase sebesar 84,09% dengan kategori “sangat kuat” yang berarti valid, sedangkan respon siswa terhadap LKS berbasis etnomatematika memperoleh rata-rata presentase sebesar 94,1% dengan kategori “sangat kuat” yang berarti valid untuk digunakan. Selanjutnya LKS berbasis etnomatematika dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP Ma’arif Nu Tarbiyatut Tholibin Bumijawa dengan skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan kategori sedang, dimana skor tersebut lebih baik dari skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,26 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS, Etnomatematika, Koneksi Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Triana Ayu Oktafiani sdri
Date Deposited: 05 Nov 2020 05:02
Last Modified: 05 Nov 2020 05:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8727

Actions (login required)

View Item View Item