MENDIDIK ANAK DENGAN METODE CERITA DALAM NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE

Ayu, Oktaviasari (2020) MENDIDIK ANAK DENGAN METODE CERITA DALAM NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AYU OKTAVIASARI_MENDIDIK ANAK DENGAN METODE CERITA DALAM NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tentang mendidik anak dengan metode cerita dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye, (2) pengertian dan tujuan mendidik anak dan metode cerita dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dengan tinjauan karya sastra, (3) telaah hasil penelitian ini sebagai bahan pembelajaran bagi orang tua dan pembaca. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pustaka atau library research. Penelitian kajian pustaka di dalamnya menampilkan argumentasi penalaran keilmuan yang memaparkan hasil kajian pustaka dan hasil olah pikir peneliti mengenai suatu masalah yang berisi suatu topik yang membuat beberapa gagasan yang berkaitan dan didukung oleh data yang diperoleh dari sumber pustaka. Objek penelitian ini adalah novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye. Data yang digunakan berupa kalimat dan paragraf. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, yang berupa novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain sebelumnya, artikel, dan internet. Metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis novel Ayahku (Bukan) Pembohong dalam penelitian ini adalah dialetika yang dilakukan dengan menghubungkan unsur-unsur yang ada dalam novel dengan fakta-fakta kehidupan yang diintegrasikan ke dalam satu kesatuan makna. Berdasarkan analisis struktural dapat disimpulkan bahwa tema dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong adalah hubungan anak dengan ayahnya yang di dalamnya menceritakan seorang Ayah yang selalu bercerita tentang kisah hidupnya, cerita-cerita itu sangat memotivasi dan menarik Dam untuk mendengarkan ceritanya. Pada saat Dam masih kecil dia sangat tertarik dengan cerita-cerita itu. Namun, ketika beranjak dewasa Dam tidak percaya akan kisah-kisah yang selama ini di ceritakan oleh Ayahnya dan menganggapnya Ayahnya berbohong. Dengan berjalannya waktu setelah Ayahnya meninggal akhirnya terjawab semua yang selama ini menurut Dam itu ternyata Ayahnya itu tidak berbohong. Dan selama ini Ayahnya mendidik Dam dengan cara bercerita tentang kehidupan dahulu Ayahnya, agar Dam termotivasi dengan cerita-cerita hidupnya, sehingga Dam menjadi orang yang sukses. Kata kunci: mendidik anak, metode cerita, novel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mendidik anak, metode cerita, novel
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 002 The book
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayu Oktaviasari
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:57
Last Modified: 05 Nov 2020 03:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8633

Actions (login required)

View Item View Item