PENERAPAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI VIRUS COVID-19 DI KELOMPOK A BA AISYIYAH TIMBANG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Sri, Anita (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI VIRUS COVID-19 DI KELOMPOK A BA AISYIYAH TIMBANG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sri Anita_Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok A BA Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran dalam jaringan (daring) pada anak usia dini di kelompok A BA Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga sebagai layanan pendidikan dimasa tanggap darurat covid-19. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan tahapan pembelajaran dalam jaringan selama pandemi Covid-19 di BA Aisyiyah Timbang?. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru kelompok A, dan orang tua dari kelompok A sejumlah 16 orang. Data primer diperoleh melalui wawancara yang mendalam dengan subjek penelitian yang dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi sebagai proses awal analisis. Selanjutnya, dianalisis dengan mereduksi dan mengklsifikasikan data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif dan disimpulkan sesuai dengan pertanyaan rumusan masalahnya. Berdasarkan hasil identifikasi, penerapan pembelajaran dalam jaringan selama pandemi Covid-19 di BA Aisyiyah Timbang dilakukan melaui tahapan tujuan, perencanaan, materi, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran dalam jaringan menggunakan aplikasi WhatsApp yang tergabung dalam WhatsApp Group kelas A. Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, teknik tampilan dan sharing ilmu. Dan yang terakhir tahapan evaluasi pembelajaran daring yang berisi penilaian terhadap hasil kegiatan anak yang dikirim melalui video, foto, dan voicenote dan digunakan sebagai dasar penilaian harian, mingguan, bulanan, dan akhir semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Anak Usia Dini, Virus Covid-19
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: SRI ANITA
Date Deposited: 04 Nov 2020 05:46
Last Modified: 04 Nov 2020 05:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8617

Actions (login required)

View Item View Item