MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS QUR'AN SURAT AN-NAHL: 78

Maasa, Azkiyani MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS QUR'AN SURAT AN-NAHL: 78. IAIN PURWOKERTO. ISBN 978-602-6730-82-4

[img]
Preview
Text
MAASA AZKIYANI_MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS QUR'AN SURAT AN-NAHL 78.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa dihindari, karena pendidikan akan meningkatkan harkat dan martabat pada diri setiap manusia. Para guru di Indonesia kebanyakan menggunakan teori belajar dan pembelajaran kognitif dalam melaksanakan proses pembelajaran di Sekolah. Hasilnya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung mengedepankan domain kognitif. Itulah sebabnya peserta didik di Indonesia banyak yang cerdas secara intelektual namun tidak ada akan nilai-nilai spiritual karena guru mengabaikan domain yang lainnya, khusunya domain afektif (sikap). Karena pada dasarnya sistem pendidikan di Indonesia banyak yang lebih mengutamakan nilai sekolah daripada akidah termasuk karakter iman yang ada dalam hati, peserta didik belajar sampai 6 tahun atau 12 tahun atau lebih hanya mempelajari teori-teorinya saja akan tetapi tidak jelas metodenya, hasilnya, dan akhlaknya. Manajemen Pembelajaran Berbasis Qur’an Surat an-Nahl: 78 adalah suatu proses kegiatan pembelajaran yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian atau evaluasi agar mencapai hasil belajar yang efektif dengan menggunakan metode pembelajaran melalui indera telinga, mata dan hati sebagaimana siswa melakukan kegiatan mendengar informasi dan melihat fakta terkait dengan suatu informasi pembelajaran serta memahami dengan hati antara informasi dan fakta yang diterimanya kemudian mengambil sikap untuk melakukan suatu kebaikan sebagai perwujudan dari rasa syukur kepada Allah SWT setelah memperoleh pengetahuan. Jenis penelitiannya adalah library research atau penelitian kepustakaan yaitu dengan mempelajari literatur-literatur dan sumber data yang memiliki kaitan dengan materi yang diangkat oleh penulis. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yaitu sumber data utama yang digunakan dalam penelitian sedangkan data sekunder yaitu sumber data pendamping atau pelengkap pada penelitian. Teknik pengumpulannya menggunakan konten analisis, yaitu penelitian yang sifatnya mendalam terhadap teks atau isi dari suatu informasi yang tertulis (Jurnal dan artikel) dan media cetak (buku). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai gambaran tentang bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan berbasis QS. an-nahl: 78 di sekolah dan sebagai pengembangan teori-teori kualitas dalam pengelolaan pembelajaran dengan berbasis QS. an-nahl: 78. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran dan QS. an-Nahl: 78.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran dan QS. an-Nahl: 78
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.11 Asbabun Nuzul
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Maasa Azkiyani
Date Deposited: 06 Nov 2020 01:53
Last Modified: 06 Nov 2020 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8615

Actions (login required)

View Item View Item