Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari (Studi Tokoh Rasus)

Ilhamudin, NIM 082338025 (2016) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari (Studi Tokoh Rasus). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
abstrak (5).docx - Published Version

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
Cover%2C Bab I%2C V%2C Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[img] Text
FUlltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy

Abstract

Karya sastra dapat menjadi salah satu media yang multifungsi. Sastra sebagai bagian dari karya seni yang sejauh ini hanya mementingkan aspek hiburan, yakni dengan menunjukan aspek estetisnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa fungsi dari karya seni adalah untuk menghibur. Namun dibalik itu, karya seni yang baik itu, karya yang tidak hanya mementingkan nilai keindahan dan hiburan semata, namun karya seni yang sarat dengan nilai-nilai, yakni isi dan pesan yang dapat diambil setelah karya sastra tersebut dinikmati. Pendidikan karakter adalah sesuatu yang dilakukan oleh guru untuk mempengaruhi karakter peserta didik. Pendidikan karakter merupakan proses pemberian tuntunan peserta/anak didik agar menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa. Nilai-nilaipendidikankarakterdapat pula terkandungdalamkaryasastra, salahsatunyaadalahsebuah novel.Sastraberadadalamhubunganantarakebebasankreasipengarangdanhubungansosial yang didalamnyaterdapatetika, norma, dankepentinganideologis, bahkanjugadoktrin agama. Olehkarenaitusastramenjadiproduk individual yang padasaatiaberadaditengahmasyarakat, seketikaitu pula iadipandangmenjadibagiandarikehidupanmasyarakat. Secaraumum, penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaNilai-nilaipendidikankarakteryang terkandungpadaperanRasusdalam Novel RonggengDukuhParukkarya Ahmad Tohari. Penelitian ini di harapkan dapat memberi kontribusi yang positif dan konstruktif bagi dunia pendidikan, khususnya bagi pengembangan nilai-nilai pendidikan karaktermelalui pemanfaatan seni sastra. Serta untuk menambah wawasan tentang keberadaan seni sastra (novel) yang memuat tentang pendidikan karakter. Bagi dunia sastra, diharapkan penelitian ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam membuat sebuah karya, yakni tidak hanya memprioritaskan nilai jual dari sisi keindahannya namun juga hendknya lebih memperhatikan isi dan pesan yang dapat diambil dari karya seni tersebut. Selanjutnya semoga penelitian ini dapat menjadi bentuk sumbangsih wacana keilmuan di IAIN Purwokerto dalam bidang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Research.yaitumenjadikan bahan pustaka berupa novel, buku, jurnal, materi-materi lainnya yang dapat dijadikan sumber rujukan dalam penelitian. Dari penelitianini, mendapatkanhasilbahwaditemukan 13 nilai-nilaipendidikankarakterpadatokohRasusdalam Novel RonggengDukuhParuk. Kata kunci: Sastra, Nilai, PendidikanKarakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 35 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:50
Last Modified: 01 Jun 2016 08:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item