IMPLEMENTASI MISI MEMPERKOKOH SIKAP YANG MENGHARGAI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Tuthi, Maulida (2020) IMPLEMENTASI MISI MEMPERKOKOH SIKAP YANG MENGHARGAI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tuthi Maulida_IMPLEMENTASI MISI MEMPERKOKOH SIKAP YANG MENGHARGAI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 3PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pluralisme merupakan sebuah pandangan yang menghargai dan mengakui adanya keragaman identitas, seperti budaya, suku, ras, agama. Pluralisme pada dasarnya merupakan bagian dari kebhinekaan yang merupakan harapan bagi keselamatan umat manusia karena pluralitas merupakan motivator untuk menghadapi ujian, cobaan, kesulitan dan juga motivasi untuk saling mendorong dan berlomba-lomba dalam berkarya dan berkreasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi misi memperkokoh sikap yang menghargai pluralisme dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 3 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, pada saat penelitian berlangsung. Objek dari penelitian ini adalah implementasi misi memperkokoh sikap yang menghargai pluralisme di SMA N 3 Purwokerto. Sedangkan subyeknya yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendidikan agama islam dan budi pekerti. metode yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. data dianalisis dengan melalaui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA N 3 Purwokerto mengimplementasikan misi yang menghargai pluralisme. Hal itu dilakukan dengan baik melalui strategi yang dibuat oleh kepala sekolah dan juga guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti sehingga peserta didik dapat memahami pluralisme dan mengimplementasikan di SMA N 3 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Misi, Pluralisme, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Tuthi Maulida
Date Deposited: 02 Nov 2020 23:44
Last Modified: 02 Nov 2020 23:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8543

Actions (login required)

View Item View Item