NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO

Iif Afri, Rahayu (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IIF AFRI RAHAYU_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi ini banyak terjadi kasus-kasus yang menunjukan betapa buruknya moral para generasi anak bangsa. Solusi dari permasalahan ini adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter harus diajarkan sejak anak-anak. Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pembelajaran baik di bangku sekolah dasar ataupun madrasah ibtidaiyah. Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik, dalam hal ini guru sebagai fasilitator bagi para peserta didik dapat melakukan pembelajaran menggunakan media film. Film Jembatan Pensil merupakan sebuah film yang sesuai untuk menggambarkan bagaimana menanamkan nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Jadi fokus masalah yang di kaji dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Jembatan Pensil karya Hasto Broto. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu film Jembatan Pensil, dan sumber data sekunder yang meliputi buku-buku, internet, maupun sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Setelah data terkumpul selanjutnya dipilih dan dipilah serta diklasifikasikan untuk kemudian dilakukan analisis data. Kemudian dalam metode analisis data peneliti menggunakan metode analisis isi atau content analysis. Jenis analisis ini akan penulis gunakan dalam upaya menerangkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Jembatan Pensil karya Hasto Broto. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Jembatan Pensil karya Hasto Broto yaitu, Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan (Religius), beriman kepada Allah SWT dilihat dari adegan yang menunjukan sholat dan berdo’a kepada Allah, bertakwa kepada Allah SWTdilihat dari adegan pemeran yang melaksanakan segala perintah Allah,ikhlas, syukur, dan sabar. Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri yang meliputi jujur, bertanggung jawab, percaya diri, dan berwirausaha dapat dilihat dalam adegan pemain mengenai pengecekan barang dagangan, Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama yang meliputi menghargai karya dan prestasi orang lain, suka menolong yang banyak ditunjukan dalam adegan seperti tolong menolong antara Gading dan Ondeng, peduli, dan komunikatif atau bersahabat, Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan yaitu peduli sosial dan lingkungan, Nilai karakter dalam hubungannya dengan kebangsaan meliputi nasionalisme dan menghargai keberagaman. Dari beberapa nilai pendidikan karakter tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa film Jembatan Pensil ini mengandung nilai pendidikan karakter. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, film Jembatan Pensil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Film Jembatan Pensil
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Iif Afri Rahayu
Date Deposited: 02 Nov 2020 06:20
Last Modified: 02 Nov 2020 06:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8492

Actions (login required)

View Item View Item