PELAKSANAAN PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGKEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ALFIYATI, NIM. 123111525 (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGKEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ALFIYATI_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGKEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran Qur’an Hadits pada kelas IV di MI Ma’arif NU 02 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Kajianya dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi siswa dalam pelajaran Qur’an Hadits. Maksud dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan tentang “ bagaimana pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas IV dalam pembelajaran Qur’an Hadits di MI Ma’arif NU 02 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research , dengan jenis penelitianya kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala MI ma’arif NU 02 Karangkemiri guru kelas IV dan siswa kelas IV MI Ma’arif NU 02 Karangkemiri .Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis dekskriptif kualitatif yang terdiri atas empat alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, penyaji data dan penarikan kesimpulan . Tehnik ini digunakan sebagai acuan untuk pe nulisan hasil penelitian untuk mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian ini adalah : Dalam penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran Qur’an Hadits Kelas IV MI Ma’arif NU 02 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, dalam Kompetensi Dasar “Menerapkan kaidah-kaidah Ilmu tajwid” dan pada indikator : menerapkan bacaan Idghom Bighunnah, Idghom Bila Ghunah dan Iqlab, belum menggunakan strategi yang bervariatif ( masih menggunakan strategi lama , yaitu metode ceramah digunakan dalam mengawali pembelajaran,metode pemberian tugas digunakan dalm pencarian hukum bacaan idghom bighunnah,idghom bila ghunnah dan iqlab, metode Tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana siswa menyerap materi yang diberikan, metode Drill digunakan agar siswa tau bagaimana cara membca AlQur’an dengan baik dan benar. Sedangkan metode diskusi diberikan untuk melatih anak mengemukakan temuan dan pendapatnya. Dari hasil penelitian diatas, mestinya guru mencoba menggunakan strategi pembelajaran aktif yang berfariatif agar bisa menumbuhkan semangat dan antusias siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadits sehingga hasil pembelajaranakan lebih optimal. Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran Qur`an Hadits

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 22 Aug 2016 06:48
Last Modified: 22 Aug 2016 06:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item