KESESUAIAN KALIMAT DAN GAMBAR DALAM BUKU AKTIVITAS ANAK USIA DINI DENGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI

Nurul, Fitrianingsih (2020) KESESUAIAN KALIMAT DAN GAMBAR DALAM BUKU AKTIVITAS ANAK USIA DINI DENGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL FITRIANINGSIH_KESESUAIAN KALIMAT DAN GAMBAR DALAM BUKU AKTIVITAS ANAK USIA DINI DENGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian kalimat dan gambar dalam buku aktivitas anak usia dini dengan kemampuan bahasa anak usia dini. Pada buku aktivitas anak usia dini terdapat kesesuaian kalimat dan gambar yang dapat dihubungkan juga dengan kemampuan bahasa anak usia dini. Kemampuan berbahasa dapat meningkatkan komunikasi yang baik untuk anak usia dini. Dengan adanya buku aktivitas ini melalui kesesuaian kalimat dan gambar, anak akan mengerti kalimat yang disesuaikan dengan gambar untuk mempermudah anak belajar sehingga akan menarik untuk dipelajari. Kesesuaian kalimat dan gambar tersebut anak akan mengerti kalimat sederhana untuk bisa mengembangkan kemampuan berbahasa dan meningkatkan komunikasi yang baik dengan orang lain atau teman sebayanya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang peneliti lakukan merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pemerolehan data yang dilakukan peneliti dengan cara mengumpulkan data primer. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini yaitu buku aktivitas anak usia dini yang masing-masing judulnya adalah buku Pandai Berbahasa, Menyusun Kalimat Sederhana, dan Anak Baik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini disesuaikan dengan jenis penelitian yang dilakukan, yaitu library research maka metode pengumpulan data yang tepat adalah metode pengumpulan data analisis, yaitu data diolah, dikelompokkan dan dikaji sesuai dengan pokok bahasan yaitu kesesuaian kalimat dan gambar dalam buku aktivitas anak usia dini dengan kemampuan bahasa anak usia dini. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa dari ketiga buku tersebut terdapat kesesuaian kalimat dan gambar dengan kemampuan bahasa anak usia dini, tetapi dari ketiga buku tersebut juga terdapat beberapa halaman yang tidak sesuai kalimat dan gambar karena tidak ada kalimat yang menunjukkan pada gambar tersebut dan terdapat kalimat tetapi tidak ada gambar yang mendukung. Selain itu, kesesuaian kalimat dan gambar dapat disesuaikan juga dengan kemampuan bahasa anak, hanya saja di dalam ketiga buku tersebut terdapat kalimat yang masih abstak sehingga akan menimbulkan kebingungan bagi si anak, terdapat kalimat yang kurang efektif dan kata-kata yang sulit dipahami oleh anak karena jarang didengar dan digunakan oleh anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian kalimat dan gambar, buku aktivitas, kemampuan bahasa
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
400 Language > 490 Other languages > 495 Languages of East and Southeast Asia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Nurul Fitrianingsih
Date Deposited: 02 Nov 2020 00:21
Last Modified: 02 Nov 2020 00:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8469

Actions (login required)

View Item View Item