HUBUNGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN MINAT BACA SISWA DI MTS MA'ARIF NU 08 PANICAN KEMANGKON PURBALINGGA

Nur An'nafi, Dwitami (2020) HUBUNGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN MINAT BACA SISWA DI MTS MA'ARIF NU 08 PANICAN KEMANGKON PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR AN'NAFI DHIAS DWITAMI_HUBUNGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN MINAT BACA SISWA DI MTS MA'ARIF NU 08 PANICAN KEMANGKON PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan perpustakaan sangat penting karena perpustakaan adalah jantung dari pendidikan yang menghidupkan sekolah, di mana pendidikan itu dilangsungkan. Pengelolaan perpustakaan menjadi tolak ukur sejauh mana keberhasilan perpustakaan dalam menambah minat baca siswa, seseorang dengan minat baca yang tinggi secara langsung memiliki pengetahuan yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak membaca. Pengelolaan perpustakaan yang baik diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat baca siswa. Rumusan penelitian “adakah hubungan positif yang signifikan antara pengelola perpustakaan (X) dan minat baca siswa (Y),” Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan pengelolaan perpustakaan sekolah beserta ada tidaknya hubungan antara pengelolaan perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara, wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti terlebih dulu melakukan pengujian instrumen hal ini untuk memenuhi syarat sebagai alat pengumpul data yang valid dan reliabel, uji normalitas, pengujian hipotesis asosiatif menggunakan teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment, dan uji signifikansi korelasi product moment (uji t hitung) kemudian hasil angket tentang pengelolaan perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan korelasi product moment Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah yang dilakukan di MTs Ma’arif NU 08 Panican Kemangkon melakukan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas, uji korelasi Pearson Product Moment, dan statistik uji t untuk pengujian hipotesisnya. Hasil pengujian hipotesis pengelolaan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa nilai Sig. adalah 0,481. Dengan membandingkan nilai α (0,05) maka diperoleh 0,481 > 0,05. Selain itu diperoleh juga nilai korelasi sebesar 0,481, dan uji t sebesar 3,402, yang berarti korelasi tersebut termasuk cukup kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, pengelolaan perpustakaan, dan minat baca siswa.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Annafi sdr
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:51
Last Modified: 27 Oct 2020 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8445

Actions (login required)

View Item View Item