STIMULASI SPIRITUAL DAN PSIKOSOSIAL DALAM MENGATASI ALIENASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH ALAM BANYU BELIK KARANGNANGKA KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Vera Restu, Lestari (2020) STIMULASI SPIRITUAL DAN PSIKOSOSIAL DALAM MENGATASI ALIENASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH ALAM BANYU BELIK KARANGNANGKA KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
VERA RESTU LESTARI_STIMULASI SPIRITUAL DAN PSIKOSOSIAL DALAM MENGATASI ALIENASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Alienasi merupakan perasaan terasingkan dan keterasingan yang ada pada diri, yang sering dihadapi oleh manusia, khususnya dalam kegiatan bersosialisasi dilingkungan. Alienasi dapat terjadi pula di lingkungan sekolah inklusi, seperti halnya yang terjadi di Sekolah Alam Banyu Belik Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Anak berkebutuhan khusus yang merupakan siswa Sekolah Alam Banyu Belik juga mengalami alienasi di lingkungan sekolah dikarena mereka merupakan kaum minoritas dan memiliki perbedaan dengan siswa reguler lainnya. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui Stimulasi Spiritual dan Psikososial dalam Mengatasi Alienasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Alam Banyu Belik Karangnangka Kedungbanteng Banyumas. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini dengan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Subyek penelitiannya ini terdapat delapan orang, satu kepala sekolah, lima guru kelas, dan dua orang tua siswa. Sumber data terdiri dari primer dan skunder, sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, stimulasi spiritual dalam mengatasi alienasi pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Alam Banyu Belik Karangnangka Kedungbanteng Banyumas dengan pelatihan dan membiasakan siswa untuk mandiri serta menerapkan adab-adab sehari-hari. Sesuai dengan nilai-nilai agama yang terkandung dalam al-Quran dan as-sunah. Sehingga anak berkebutuhan khusus dapat berakhlak baik dan mandiri. Stimulasi yang diberikan sesuai dengan kondisi awal dan tahap perkembangan siswa. Sedangkan, stimulasi psikososial dalam mengatasi alienasi pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Alam Banyu Belik Karangnangka Kedungbanteng Banyumas dengan memberikan rangsangan atau pelatihan kepada anak berkebutuhan khusus untuk menumbuhkan jiwa sosial sesuai dengan nilai norma dan moral yang ada di masayarakat atau lingkungan sosial, sehingga siswa dapat bersosilisasi dengan lingkungan, tidak menarik diri dari lingkungan, dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial. Mengatasi alienasi pada anak berkebutuhan khusus diperlukan adanya stimulasi spiritual dan psikososial, seperti halnya dilakukan oleh Sekolah Alam Banyu Belik Karangnangka Kedungbanteng Banyumas. Kata kunci: Stimulasi, spiritual, psikososial, sekolah alam, alienasi, anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stimulasi, spiritual, psikososial, alienasi, sekolah alam, anak berkebutuhan khusus
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Vera Restu Lestari
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:40
Last Modified: 27 Oct 2020 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item View Item