Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini pada Pembelajaran Sentra Balok di TK IT Putra Harapan Purwokerto Barat

Tika, Noviani (2020) Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini pada Pembelajaran Sentra Balok di TK IT Putra Harapan Purwokerto Barat. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tika Noviani_Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini pada Pembelajaran Sentra Balok di TK IT Putra Harapan Purwokerto Barat.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kecerdasan logika matematika anak usia dini pada pembelajaran sentra balok di TK IT Putra Harapan Purwokerto Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru sentra balok dan siswa TK IT Putra Harapan Purwokerto Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan logika matematika anak usia dini pada pembelajaran sentra balok di TK IT Putra Harapan Purwokerto Barat sebagai berikut: 1) Pengembangan kecerdasan logika matematika anak usia dini di TK IT Putra Harapan Purwokerto Barat dilakukan dengan cara penerapan model pembelajaran sentra balok. Selain itu dalam kegiatan belajar mengajar di sentra balok dilakukan dengan cara anak diperkenalkan dengan berbagai macam bentuk, angka, ukuran, warna, pola, simbol, kostruksi dan pemecahan masalah. 2) Pengembangan kecerdasan logika matematika anak usia dini pada pembelajaran sentra balok di TK IT Putra Harapan Purwokerto Barat dilakukan melalui beberapa langkah yaitu: mengelompokkan benda dengan berbagai cara, menunjuk benda, menyebutkan bentuk atau ciri-ciri benda, menceritakan suatu kejadian, menyebutkan urutan bilangan 1-10, membilang dengan benda sampai 5, dan menunjukkan urutan benda sampai 5. 3) Pengembangan kecerdasan logika matematika anak usia dini pada pembelajaran sentra balok di TK IT Putra Harapan Purwokerto Barat terdapat kendala yaitu pada aspek pemahaman anak. Aspek pemahaman ini menjadi kendala utama karena setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh setiap anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika, Pembelajaran Sentra Balok
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tika Noviani
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:37
Last Modified: 26 Oct 2020 04:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8437

Actions (login required)

View Item View Item