PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PROGRAM BERBAHASA ARAB KELAS VII DI MTs PP DARUL QURRO KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP

Afifah, Thohiroh (2020) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PROGRAM BERBAHASA ARAB KELAS VII DI MTs PP DARUL QURRO KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Afifah Thohiroh_PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PROGRAM BERBAHASA ARAB KELAS VII Di MTs PONDOK PESANTREN DARUL QURRO KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mutu adalah suatu ukuran baik buruknya suatu benda, kadar taraf atau derajat. Pendidikan yang bermutu akan menghasilkan output yang berkualitas. Sekolah menjadi salah satu lembaga dalam menciptakan output yang berkualitas, karena SDM yang berkualitas dituntut untuk dapat bersaing dengan orang lain maupun negara lain. Keahlian berbahasa menjadi salah satu keahlian yang harus dimiliki pada era globalisasi sekarang ini, terutama keahlian berbahasa Arab.Tujuan dari peneliti melakukan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tentang peningkatan mutu dalam program berbahasa arab kelas VII di MTs PP Darul Qurro Kawunganten. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai peningkatan mutu pendidikan program berbahasa Arab di MTs PP Darul Qurro Kawunganten Cilacap. Subjek penelitian ini adalah kepala unit bahasa yang meliputi kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs PP Darul Qurro menunjukan adanya peningkatan mutu pendidikan program berbahasa Arab di lihat dari aspek keluarkan atau output madrsah yang setiap tahun mengalami peningkatan seperti pada tahun 2018 memiliki prestasi kelulusan ke dua se-kabupaten Cilacap dan meningkatan pada tahun 2019 menjadi peringkat ke satu se-kabupaten Cilacap. Selain itu terdapatnya berbagai prestasi dari bidang berbahasa Arab. Prestasi tersebut didukung dengan adanya lingkungan berbahasa (bi’ah al-lughawiyyah) yang ada di madrasah serta pola pengajaran bahasa Arab pada kelas VII yang dilakukan melalui dua tahap sehingga membuat siswa menjadi lebih mudah dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN, PROGRAM BERBAHASA ARAB
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Afifah Thohiroh sdr
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:29
Last Modified: 26 Oct 2020 03:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8431

Actions (login required)

View Item View Item