ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AUTOBIOGRAFI (NON-FIKSI) SOKOLA RIMBA KARYA BUTET MANURUNG

Anggi, Septiani (2020) ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AUTOBIOGRAFI (NON-FIKSI) SOKOLA RIMBA KARYA BUTET MANURUNG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AUTOBIOGRAFI (NON-FIKSI) SOKOLA RIMBA KARYA BUTET MANURUNG_ ANGGI SEPTIANI (1617402138).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi moralitas bangsa Indonesia saat ini yang semakin hari semakin memburuk, nilai dan norma sosial seakan-akan sudah tidak dianggap penting lagi, kejahatan yang semakin merajalela, dan sebagainya. Masalah utama yang dialami oleh bangsa Indonesia saat ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan krisis moral, dimana munculnya krisis tersebut yang akhirnya memunculkan beberapa krisis lainnya seperti: krisis ekonomi, budaya, sosial, dan sebagainya. Dengan adanya penelitian yang berhubungan dengan sastra ini, diharapkan nantinya setiap manusia dapat mengasah emosi, mental, dan juga perasaannya untuk dapat membedakan mana hal yang benar dan mana yang salah, mana hal yang baik dan mana yang buruk; setiap manusia dapat menggali berbagai jenis ilmu pengetahuan, adat istiadat, pandangan hidup, dan nilai-nilai yang ada dalam kehidupan. Pendidikan sastra berperan penting dalam mengubah pola pikir masyarakat, salah satunya melalui autobiografi (non-fiksi) "Sokola Rimba" yang banyak mengajarkan tentang nilai kehidupan, salah satunya adalah nilai pendidikan karakter. Melalui autobiografi "Sokola Rimba", pengarang menjadi lebih leluasa untuk menyampaikan gagasan tentang kehidupan, pandangan hidup, dan nilai pendidikan karakter yang penting bagi para pembaca. Ibu Butet Manurung, sosok perempuan yang sukses memperjuangkan keadilan masyarakat rimba, beliau merintis pendidikan alternatif bagi komunitas adat, masyarakat rimba di Bukit Duabelas, Jambi. Selanjutnya, sebuah bentuk karya sastra yang baik dibangun dengan cermat dan melalui proses yang panjang, mulai dari kerangka dasar hingga proses penulisan naskah; salah satu proses dasar yang tidak boleh terlewatkan adalah pemenuhan terhadap unsur pembangun dalam karya sastra yang meliputi: unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik; unsur intrinsik (unsur yang ada di dalam karya sastra) dan nilai pendidikan karakter yang sebelumnya sudah sempat disinggung oleh peneliti, menjadi fokus utama dalam penelitian ini, penelitian yang digunakan adalah literatur kepustakaan sehingga dalam menyajikan datanya menggunakan metode analisis isi kualitatif; jenis pendekatan yang digunakan berupa pendekatan struktural; teknik pengumpulan data berupa penelitian pustaka, wawancara, dan dokumentasi; teknik uji keabsahan data berupa teknik triangulasi data dengan sumber; dan teknik analisis data berupa teknik analisis jalinan. Hasil dari penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter tercermin dengan jelas dan baik di dalam autobiografi (non-fiksi) "Sokola Rimba" karya Butet Manurung. Kata Kunci: Autobiografi, Unsur Intrinsik, Nilai Pendidikan Karakter, Pendekatan Struktural

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Autobiografi, Unsur Intrinsik, Nilai Pendidikan Karakter, Pendekatan Struktural.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 179 Other ethical norms
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 408 With respect to kinds of persons
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Anggi Septiani
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:25
Last Modified: 26 Oct 2020 04:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8422

Actions (login required)

View Item View Item