PELAKSANAAN PROGRAM ‚HARD TEACHING SYSTEM‛ (HTS) BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI 1 KEDUNGBANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

TASBIHAN, NIM. 092332061 (2016) PELAKSANAAN PROGRAM ‚HARD TEACHING SYSTEM‛ (HTS) BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI 1 KEDUNGBANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
TASBIHAN (PELAKSANAAN PROGRAM “HARD TEACHING SYSTEM” (HTS) BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI 1 KEDUNGBANTENG~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Al-Ikhsan yang berada di Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas adalah salah satu lembaga pendidikan nonformal yang mendidik para santrinya dalam belajar ilmu agama. Selain itu pesantren ini juga menekankan pendidikannya di bidang bahasa Arab. Salah satu programnya adalah Hard Teaching System (HTS). Program ini merupakan program unggulan dalam peningkatan kompetensi santri di bidang bahasa Arab yang dilaksanakan pada tanggal 1-23 Ramadhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Hard Teaching System (HTS) bahasa Arab di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji I Kedungbanteng Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode dalam menganalisis data penulis menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles and Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil dari penelitian ini adalah Sistem pembelajaran bahasa Arab adalah satu kesatuan komponen yang tidak dapat dipisahkan. Adapun keadaan komponen-komponen yang dimaksud adalah: 1). Komponen masukan mentah adalah semua anggota santri dari tiga jenjang pendidikan yang ada di pondok pesantren. 2). Komponen masukan alat adalah tenaga pengajar, sarana dan prasarana dan kurikulum. 3). Komponen lingkungan meliputi faktor organisasi kelas dan faktor iklim sosial-psikologis. 4). Komponen Pembelajaran adalah proses pembelajaran Hard Teaching System (HTS) dengan metode yang bervariasi. 5). Komponen hasil lingkungan adalah dilaksanakannya setoran oleh para santri pada ustadz/ustadzah sebagai evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Hard Teaching System (HTS), Bahasa Arab, Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji I.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:28
Last Modified: 22 Aug 2016 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item