IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA'ARIF NU 1 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Siti, Fatimatuzzahro (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA'ARIF NU 1 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI FATIMATUZZAHRO_IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA'ARIF NU 1 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah perlu menerapkan langkah-langkah yang strategis baik dengan perubahan kurikulum maupun sistem pembelajarannya. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah mengimplementasikan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran. Seperti yang dilakukan di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan pengambilan tempat di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah implementasi pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam., sedangkan subjek penelitiannya adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa siswi kelas VII D. Dan untuk menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa : Perencanaan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas telah diwujudkan dalam pembuatan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan media pendidikan. Implementasi pembelajaran konstruktivistik dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh sudah terlaksana meskipun masih ada hambatan-hambatan ketika proses pembelajaran berlangsung. Dimana didalamnya sudah ada 4 langkah pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik, yaitu tahap apersepsi, tahap eksplorasi, tahap diskusi dan penjelasan konsep. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru masih cenderung mengutamakan penilaian hasil pada ranah kognitif siswa melalui mengerjakan latihan soal di dalam LKS. Kata kunci : Implementasi Pendekatan Konstruktivistik, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Konstruktivistik, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.9 Peta Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siti Fatimatuzzahro
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:26
Last Modified: 27 Oct 2020 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8404

Actions (login required)

View Item View Item