IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROYEK PADA SENTRA SENI KELOMPOK B RA DIPONEGORO GANDASULI BOBOTSARI

Uun, Nurrahmawati (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROYEK PADA SENTRA SENI KELOMPOK B RA DIPONEGORO GANDASULI BOBOTSARI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover_abstrak_daftar isi_BAB I_PENUTUP_daftar pustakaPDF.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
uun revisi new2pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam penerapan metode proyek, tugas guru hanya sebagai fasilitator. Maksudnya guru hanya memberikan arahan, penjelasan, penyedia alat dan bahan pembelajaran serta memberikan kesempatan pada anak secara bebas dalam mengembangkan ide-ide yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode proyek pada pembelajaran sentra seni di kelompok B RA Diponegoro Gandasuli, Bobotsari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun alat pengumpul data berupa pedoman wawancara, paduan observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelompok B dan anak kelompok B sebanyak 22 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode proyek pada pembelajaran sentra seni telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan pembelajaran proyek meliputi menyusun rencana kegiatan harian (RKH), menyusun rencana kegiatan mingguan (RKM), menyusun kurikulum pembelajaran, penyediaan alat dan bahan serta media yang digunakan dalam pembelajaran metode proyek. Kemudian ada tahap pelaksanaan dan mengevaluasi. Penerapan pembelajaran proyek terlihat dari penyediaan alat dan bahan serta media yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran seperti : saling bekerjasama, bertanggung jawab, melatih kemandirian, saling interaksi sosial dan dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Hal ini menunjukan bahwa RA Diponegoro Gandasuli, Bobotsari telah melaksanakan metode proyek yang sesuai dengan RKH serta guru mampu mengevaluasi pelaksanaan metode proyek dengan mengobservasi, dan melihat hasil karya anak, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode proyek, sentra seni, anak usia 5-6 tahun.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: sdri Uun Nur Rahmawati
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:33
Last Modified: 27 Oct 2020 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8400

Actions (login required)

View Item View Item