PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN SABTU PAHING DI DESA KARANGNANGKA MREBET PURBALINGGA

Sofiatul, Islamyh (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN SABTU PAHING DI DESA KARANGNANGKA MREBET PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SOFIATUL ISLAMYH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_BAb I_Bab V_Daftar Pustaka(12).pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan yang mendasar untuk semua kalangan. Pendidikan agama Islam bisa dikategorikan dalam bentuk pendidikan formal, informal, dan nonformal. Salah satu bentuk pendidikan agama Islam nonformal yaitu kegiatan pengajian sabtu pahing di desa Karangnangka kecamatan Mrebet kabupaten Purbalingga. Pengajian sabtu pahing ini menjadi salah satu kegiatan pendidikan agama Islam nonformal yang mendapat antusias baik dari masyarakat. Namun saat pelaksanaannya masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan inti dari pengajian itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi masyarakat melalui kegiatan pengajian sabtu pahing di desa Karangnangka Mrebet Purbalingga dari aspek metode dan materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di desa Karangnangka Mrebet Purbalingga dengan subjek penelitian kiai Khaerun sebagai pemateri dan jamaah kegiatan pengajian sabtu pahing. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi masyarakat melalui kegiatan pengajian sabtu pahing dari aspek metode dan materi. Dari beberapa metode pendidikan agama Islam serta metode pengajian yaitu terlihat adanya perubahan yang dirasakan oleh jamaah dalam kaitannya penerapan materi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan hafalan asmā’ul ḥusna oleh masyarakat sebagai salah satu wujud dari penerapan materi akidah yang diajarkan dengan adanya pembiasaan asmā’ul ḥusna saat pengajian. Materi fiqih sebagai materi utama yang disampaikan dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab menunjukkan semakin banyak masyarakat yang melakukan salat berjamaah di masjid. Dengan adanya penggunaan metode kisah, teladan, al-Mau’iẓatil ḥasanah jamaah semakin memiliki akhlak yang baik yaitu lebih bisa menahan amarah dengan mengucap istighfār. Semua perubahan tidak lepas dari penggunaan metode pengajian hikmah sehingga apa yang disampaikan bisa diterima oleh jamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Pengajian, Masyarakat, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Sofiatul Islamyh
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:44
Last Modified: 26 Oct 2020 02:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item View Item