PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN IBADAH DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

YUNISA NGAILATI NURIASARI, NIM. 1123301150 (2016) PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN IBADAH DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
YUNISA NGAILATI NURIASARI_PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN IBADAH KELAS II B DAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembiasaan merupakan cara yang efektif dalam menambahkan nilai-nilai yang positif ke dalam diri anak, baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembinaan akhlak peserta didik melalui pembiasaan ibadah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pembinaan akhlak peserta didik melalui pembiasaan ibadah. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif berusaha mendeskripsikan suatu peristiwa atau kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Objek penelitian ini adalah bagaimana pembinaan akhlak peserta didik melalui pembiasaan ibadah di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto.Sedangkan subjek penelitiannya adalahguru, kepala sekolah dan peserta didik SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Untuk memperoleh informasi dan data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data model penelitian Miles and Hubermant, yaitu berupa data reduction, data display dan penarikan kesimpulan. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan akhlak peserta didik melalui pembiasaan ibadah di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan disusun berdasarkan visi, misi dan target pembelajaran, lalu ditetapkan indikator pembinaan akhlak.Pelaksanaan melalui tertib wudhu, kegiatan sholat dhuha, sholat dhuhur berjama’ah, layanan individu baca tulis, iqra dan Al-Quran dan tahfidzul Quran, hadits dan doa sehari-hari dengan melakukan pengawasan, teguran dan pengarahan secara langsung. Sedangkan evaluasi dilakukan setiap satu minggu sekali dengan membentuk rapat rutin evaluasi antara sesama guru kelas dan waka kesiswaan untuk membahas kendala dan solusi terbaik. Adapun alat penilaian yang digunakan ada beberapa macam, yaitu raport progress, buku penilaian hasil belajar tengah semester, buku penghubung, dan buku catatan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Akhlak, dan Pembiasaan Ibadah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:51
Last Modified: 22 Aug 2016 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item