STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MAN 2 CIAMIS

Cecep, Farhani (2020) STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MAN 2 CIAMIS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cecep Farhani_Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MAN 2 Ciamis.pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

Dalam bidang pendidikan, para ahli telah memaparkan bahwa terdapat banyak strategi yang dapat digunakan pendidik untuk proses kegiatan pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Betapa pentingnya memilih strategi sebagai kunci penunjang untuk meminimalisir ketidak efektifan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan strategi guru juga bisa merancang dan menyiapkan solusi ketika siswa mendapatkan kesulitan dalam belajar dalam mempeajari bahasa Arab. Dalam penelitian ini, penulis mengambil penelitian dengan judul mengenai Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MAN 2 Ciamis, dengan tujuan inti dari penelitian penyusunan yang dilakukan ialah untuk menjelaskan dan memahami strategi pengajar atau tenaga pendidik dalam menangani siswa yang kurang minat belajar terhadap mata pelajaran bahasa arab. Jenis penelitian ini berbentuk lapangan (field reserch), menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek terhadap penelitian adalah Guru Bahasa Arab dan Siswa MAN 2 Ciamis. Sedangkan yang menjadi objek penelitian yakni Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MAN 2 Ciamis. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teori Milles dan Humberman yakni reduksi data dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MAN 2 Ciamis adalah bahwa minat belajar siswa dapat meningkat melalui beberapa hal yakni: menggunakan strategi seperti strategi active learning dan strategi PAIKEM, metode bernyanyi, metode permainan, diberikan motivasi setiap dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab, mengikuti ekstra kurikuler arabic club dan study banding ke kampung pare. Hal ini dapat dilihat melalui jenjang kelas yang lebih tinggi di MAN 2 Ciamis, yakni peserta didik yang sudah diatas kelas X sudah terbiasa membaca dengan lancar tulisan bahasa arab, karena itu akan tumbuh minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Cecep Farhani
Date Deposited: 23 Oct 2020 18:16
Last Modified: 23 Oct 2020 18:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8376

Actions (login required)

View Item View Item